PDIP Gelar Kaderisasi Perempuan Tingkat Nasional, Megawati Beri Arahan

Dirut Pertamina sampai Krisdayanti jadi narasumber

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan menggelar kaderisasi perempuan tingkat nasional tahun 2023. Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, akan membuka dan memberikan arahan langsung kaderisasi itu. 

Kaderisasi itu diselenggarakan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Nantinya kaderisasi perempuan yang kedua di tingkat nasional ini, akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri jam 14.00 WIB," ujar Hasto, Kamis (23/2/2023).

Hasto menerangkan, kaderisasi itu juga diperlukan untuk menyiapkan perempuan menjadi pemimpin nasional.

"Dan juga bagaimana seorang perempuan itu harus mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin dalam seluruh aspek kehidupan," ucap dia.

Baca Juga: Politikus PDIP Ungkap Alasan Megawati Belum Umumkan Capres PDIP

1. Diikuti 100 peserta

PDIP Gelar Kaderisasi Perempuan Tingkat Nasional, Megawati Beri ArahanSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kaderisasi perempuan itu diikuti oleh 100 peserta. Kaderisasi diselenggarakan dari 23-26 Februari 2023.

"Yang menggembirakan juga ikut secara offline itu ada perwakilan yang khusus itu dari Papua Tengah, daerah otonomi baru mengirimkan empat orang sebagai peserta, Ini merupakan lompatan karena baru dibentuk DPD-nya kemudian sudah ke sini untuk persiapan pemenangan 2024," kata Djarot.

"Termasuk juga saya sampaikan ada juga perwakilan perempuan dari luar negeri itu dari Saudi Arabia, itu hadir juga di sini satu orang," ucap Djarot.

Baca Juga: Yusril dan Megawati Duduk Satu Meja, Bahas Koalisi PBB-PDIP?

2. Sejumlah narasumber juga akan hadir mengisi acara

PDIP Gelar Kaderisasi Perempuan Tingkat Nasional, Megawati Beri ArahanKetua DPP PDI Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Djarot mengatakan, sejumlah narasumber juga akan hadir mengisi acara kaderisasi. Total, ada 14 narasumber yang diundang. 

Narasumber yang diundang antara lain Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, akademisi Doktor Rini dari Universitas Indonesia (UI), Pakar Hukum Tata Negara Bivitri Susanti hingga politikus Indonesia dan aktivis Nahdlatul Ulama Yenny Wahid.

"Mengisi juga kader dari internal kepala daerah kita yang perempuan, ada dua orang: satu Wali Kota Semarang Mbak Ita dan Bupati Banyuwangi Mbak Ifuk,” ujar Djarot.

Selain itu, anggota Komisi IX Fraksi PDIP DPR RI Krisdayanti juga akan diminta sebagai pembicara dalam acara tersebut.

"Kita undang juga Mbak Krisdayanti, itu unik dia juga sebagai peserta termasuk juga dia sebagai narsum untuk bisa menyampaikan pengabdian dia sebagai anggota legislatif," ucap Djarot.

3. Ketua KPK juga akan hadir menjadi narasumber

PDIP Gelar Kaderisasi Perempuan Tingkat Nasional, Megawati Beri ArahanKetua DPP PDI Perjuangan, Djarot Syaiful Hidayat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kemudian, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri juga akan hadir untuk menjadi narasumber.

"Beliau juga konfirmasi akan hadir hari Minggu, untuk berbicara tentang peran perempuan untuk anti korupsi. Penting sekali termasuk juga kita mendorong supaya para perempuan ini bisa aktif di politik agar bisa menjadi eksekutif dan legislatif sebagai repersentasi kesetaraan gender," kata dia.

"PDI Perjuangan terus mendorong kaum perempuan agar mau bersedia terjun pengabdian di lapangan politik dan lapangan publik," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya