PDIP Tak Masalah Ada Relawan Jokowi Dukung Prabowo Subianto

PDIP sebut Ganjar juga miliki banyak relawan

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengaku tak masalah jika ada relawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mendukung Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu merespons relawan Pro Jokowi (Projo) di Sulawesi Selatan yang mendeklarasikan Prabowo sebagai calon presiden (capres).

"Gak apa-apa, relawan yang mendukung Pak Ganjar Pranowo kan juga cukup banyak," ujar Hasto dilansir ANTARA, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga: Relawan Ganjar Bekali Anak Muda Maros Keterampilan Desain Grafis

1. Relawan menyampaikan aspirasi, bukan ideologi

PDIP Tak Masalah Ada Relawan Jokowi Dukung Prabowo SubiantoSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengatakan, struktur organisasi relawan berbeda dengan partai politik. Menurutnya, apa yang disampaikan relawan itu bersifat aspirasi, bukan ideologi seperti partai politik.

"Namanya relawan, prinsip-prinsip kerelawanan itu kan kemudian mereka menyampaikan ekspresi karena ini kan bukan suatu yang terorganisasi dalam suatu ideologi, satu platform sehingga relatif lebih cair," kata dia.

Baca Juga: Resmikan Rumah Pemenangan, Ganjar Minta Relawan Jangan Sebar Isu SARA

2. Deklarasi Projo dukung Prabowo

PDIP Tak Masalah Ada Relawan Jokowi Dukung Prabowo SubiantoCapres 2024 Ganjar Pranowo di acara Konsolidasi PDIP DKI Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Projo Sulawesi Selatan telah menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden, dan diusulkan berpasangan dengan Airlangga Hartarto. Hal ini diputuskan dalam Konferensi Daerah (Konferda) Projo Sulsel di Hotel Claro, Makassar, Minggu (18/6/2023). 

Ketua DPD Projo Sulsel, Herwin Nini Ala, menyatakan Projo Sulsel tidak berafiliasi dengan parpol mana pun. Oleh karena itu, segala keputusan Projo tidak harus mengikut kepada salah satu parpol, terkhusus PDI Perjuangan.

"Projo ini tidak ada afiliasi dari partai mana pun. Kebetulan warnanya merah tapi tidak ada hubungannya. Betul-betul berdiri sendiri," kata Herwin.

Baca Juga: Projo Sulsel Dukung Prabowo, Pengamat: Mereka Independen

3. Alasan Projo Sulsel dukung Prabowo

PDIP Tak Masalah Ada Relawan Jokowi Dukung Prabowo SubiantoKetua Umum Gerindra, Prabowo Subianto tiba di Kantor DPP Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Projo Sulsel mendukung Prabowo dan Airlangga karena melihat kinerja kedua orang itu selama menjabat sebagai menteri di Kabinet Jokowi. Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan dianggap layak melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

Demikian pula dengan Airlangga yang kini menjabat Menteri Koordinator Perekonomian. Dia dinilai sukses mengawal pemulihan ekonomi usai masa pandemik COVID-19. 

"Mengenai pilihan yang berbeda itu, kita ini kan mengusulkan Jokowi nanti juga atau membisikkan kita siapa sebenarnya itu. Tapi yang jelas kami dari Projo Sulsel bersepakat memilih Prabowo dan Airlangga," kata Herwin.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya