PKB Tegaskan Pertemuan Cak Imin-Airlangga Bukan untuk Main Mata Capres

Capres-cawapres di KIR urusan Cak Imin dan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto pada Jumat (10/2/2023). Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengatakan, pertemuan itu bukan untuk saling lirik soal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Sebab, kata Jazilul, urusan capres dan cawapres itu sudah diatur dalam piagam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) antara PKB dan Partai Gerindra.

"Memang dalam piagam koalisi yang disepakati PKB dengan Partai Gerindra itu tetap membuka komunikasi dengan partai lain untuk bergabung. Jadi apa yang dilakukan komunikasi yang dibangun PKB dan Gerindra, Gus Muhaimin dan Pak Airlangga Hartarto (sebatas silaturahmi)," ujar Jazilul dalam keterangan rekaman suara yang diterima IDN Times, Senin (13/2/2023).

Baca Juga: Sarapan Bareng Cak Imin, Airlangga Buka Peluang Ajak PKB Gabung KIB

1. Gerindra tahu soal pertemuan Cak Imin dan Golkar

PKB Tegaskan Pertemuan Cak Imin-Airlangga Bukan untuk Main Mata CapresIDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam kesempatan itu, Jazilul mengatakan, pertemuan Cak Imin dan Airlangga diketahui oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Oleh karenanya, pertemuan itu merupakan hal yang terbuka. 

"Kita sedang tidak tarik-tarikan dan kita silaturahmi terbuka. Kita tidak melewati batas dari fakta koalisi dari PKB-Gerindra. Itu gak ada masalah," ucap dia.

Baca Juga: Isu PKB dan NU Tak Akur, Gerindra: Kita Harap Hubungan Keduanya Baik

2. Capres dan cawapres KIR ditentukan Prabowo dan Cak Imin

PKB Tegaskan Pertemuan Cak Imin-Airlangga Bukan untuk Main Mata CapresKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jazilul menerangkan, capres dan cawapres di KIR nantinya diputuskan oleh Cak Imin dan Prabowo. Hal itu sudah tercantum dalam piagam koalisi.

"Dalam piagam koalisi itu juga diputuskan juga nama pasangan capres dan cawapres di koalisi ini ditentukan oleh Pak Prabowo dan Gus Muhaimin," kata dia.

Baca Juga: Gerindra Kudus Singgung Ucapan Gus Dur: Prabowo Presiden di Usia Tua

3. Diizinkan bertemu dengan parpol lain sepanjang tak bicara capres-cawapres

PKB Tegaskan Pertemuan Cak Imin-Airlangga Bukan untuk Main Mata CapresWakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, kata Jazilul, Gerindra dan PKB diizinkan melakukan pertemuan dengan partai politik lain sepanjang tidak membahas soal capres-cawapres.

"Jadi, sepanjang tidak membicarakan siapa calon presiden dan calon wakil presiden dengan partai lain gak ada masalah. Namanya kita sedang merekrut, sedang membangun komunikasi siapa tahu ada kesepahaman, misalnya dari Partai Golkar atau dari partai lain yang sengaja dibangun komunikasinya oleh PKB," imbuhnya.

Baca Juga: HUT Gerindra ke-15, Jokowi: Dukungan Gerindra Sangat Bantu Pemerintah

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya