PKS: Duet Anies-Sandi Bisa Maju di Pilpres 2024

Cawapres akan ditentukan oleh Anies Baswedan

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno mungkin terjadi di Pilpres 2024. Perwakilan tim kecil Anies Baswedan, Hendri Satrio, tak masalah bila PKS mengusulkan nama Sandiaga Uno sebagai cawapres Anies Baswedan.

"Partai politik itu boleh mengusulkan nama, tapi ujungnya mereka bersepakat akan dipilih oleh Anies Baswedan dan kan Anies sudah menyampaikan lima kriteria calon presidennya ya, jadi silakan saja itu partai-partai politik mengajukan tapi itu adalah Anies Baswedan yang menentukan," ujar pria yang akrab disapa Hensat kepada IDN Times, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Anies Anjlok di Cagub DKI, Teratas Capres

1. Enggan beberkan apakah Sandiaga masuk 5 cawapres Sandiaga Anies atau tidak

PKS: Duet Anies-Sandi Bisa Maju di Pilpres 2024Calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan (tengah) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Saat ini, tim kecil sedang menggodok 5 nama cawapres yang akan disodorkan ke Anies Baswedan. Namun, Hensat enggan membeberkan apakah Sandiaga masuk dalam 5 cawapres itu atau tidak.

"Apakah nama Sandi ada di dalam diskusi internal, nah itu adalah wewenangan partai politik dan kita tunggu saja hasilnya yang jelas yang bisa dikomunikasikan ke publik adalah lima kriteria cawapres," kata dia.

Baca Juga: Tim Kecil Koalisi Perubahan Kantongi 5 Nama Cawapres Anies Baswedan

2. PKS buka peluang Anies berduet dengan Sandiaga di Pilpres 2024

PKS: Duet Anies-Sandi Bisa Maju di Pilpres 2024Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat membuka Rapimnas DPP PKS 2022 di Jakarta Pusat, Senin (20/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Sebelumnya, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu mengatakan, partainya terbuka terhadap peluang majunya Sandiaga Uno sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Anies Baswedan.

Anies didukung tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yakni PKS, NasDem, dan Demokrat.

"(PKS) sangat terbuka. Itu kalau memang peluang, peluangnya masih besar lah," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2023).

3. Ingin mengulang kesuksesan Pilkada DKI Jakarta 2017

PKS: Duet Anies-Sandi Bisa Maju di Pilpres 2024Reno Esnir/ANTARA FOTO

Syaikhu menilai, kemungkinan duet di Pilpres 2024 itu terbuka, jika ke depannya Anies dan Sandiaga masih merasa saling membutuhkan satu sama lain. Mengingat keduanya pernah bersama dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 silam.

"Artinya, (duet di Pilpres 2024 terbuka) kalau memang nanti Pak Sandi kemudian Pak Anies bisa chemistry," ucap dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Nilai Megawati Menginspirasi Generasi Muda dan Emak-emak

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya