Prabowo-Gibran Dinilai Bisa Saling Melengkapi

Gibran dinilai memiliki pengalaman sebagai wali kota

Jakarta, IDN Times - Prabowo Subianto resmi memilih Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden untuk mendampinginya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pengamat politik, Arif Nurul Imam, menilai Prabowo-Gibran merupakan pasangan yang saling melengkapi.

"Dari sisi usia saling melengkapi. Ini kan kombinasi dari yang tua dan kaum muda," kata Arif, Senin (23/10/2023).

Baca Juga: Prabowo Mania 08 Yakin Prabowo-Gibran Menang di Bekasi

1. Gibran dianggap memiliki pengalaman sebagai Wali Kota

Prabowo-Gibran Dinilai Bisa Saling MelengkapiGibran Rakabuming Raka hadiri Rakor Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Gibran dianggap memiliki pengalaman yang baik sebagai Wali Kota Solo meski baru menjabat selama dua tahun. Dengan fakta itu, Gibran dianggap berpengalaman bekerja di eksekutif.

"Iya bicara kepemimpinan, dia sekarang menjabat sebagai Wali Kota Solo," kata dia.

Baca Juga: PDIP Kecewa Gibran Terima Pinangan Prabowo Jadi Cawapres

2. Pilpres 2024 akan berjalan ramai

Prabowo-Gibran Dinilai Bisa Saling Melengkapiilustrasi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurutnya, Pilpres 2024 akan berjalan ramai. Sebab, ada tiga pasangan Capres-Cawapres yang akan bertarung, yakni Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, dan Anies-Muhaimin.

"Saya kira, ini Pilpres bakal ramai. Dalam survei saya, Prabowo-Gibran menang atas Ganjar-Mahfud MD. Menangnya tipis," ucap dia.

3. Prabowo umumkan Gibran jadi cawapresnya pada Minggu (22/10/2023)

Prabowo-Gibran Dinilai Bisa Saling MelengkapiIDN Times/Sandy Firdaus

Prabowo mengumumkan langsung Gibran sebagai cawapresnya. Pengumuman itu digelar di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Penunjukkan Gibran, disebut Prabowo, dilakukan lewat diskusi. Seluruh partai yang masuk dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), sepakat mengusung Gibran sebagai Cawapres gandengan Prabowo.

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik, yaitu Partai Golongan Karya, PAN, Demokrat, Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garda Republik dan Partai Prima yang dihadiri oleh ketua umum masing-masing dan sekjen masing-masing. Kami telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," kata Prabowo.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya