Survei LSI: Ganjar Lebih Unggul dari Prabowo di Banten

Survei dilakukan pada 18-20 September 2023

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil surveinya pada 18-20 September 2023. Salah satunya menampilkan, elektabilitas Ganjar Pranowo di Banten unggul dari Prabowo Subianto.

Survei melibatkan 1.206 responden melalui wawancara telepon dan ada 17 persen yang tidak ter-cover. Pemilihan sampel menggunakan random digit dialing (RDD) secara acak.

Margin of error dalam survei disebutkan sekitar 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Jokowi Izinkan Gubernur Lemhanas Jadi Tim Pemenangan Ganjar Presiden

1. Hasil survei di Banten

Survei LSI: Ganjar Lebih Unggul dari Prabowo di BantenGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

LSI melakukan simulasi 3 nama berdasarkan sosio-demografi. Hasilnya, elektabilitas Ganjar unggul di Banten.

Berikut hasilnya:
- Ganjar Pranowo: 39,2 persen
- Prabowo Subianto: 37,2 persen
- Anies Baswedan: 19,8 persen
- Tidak tahu: 3,2 persen

Baca Juga: Ganjar Ziarah ke Makam Ulama Sufi Abah Anom di Tasikmalaya

2. Ganjar unggul karena mesin politik sudah berjalan

Survei LSI: Ganjar Lebih Unggul dari Prabowo di BantenGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, unggulnya Ganjar di Banten karena mesin politiknya sudah berjalan.

"Ini menunjukkan hasil-hasil kerja politik partai pengusung bekerja dengan baik. Itu bisa dilihat sejak beberapa bulan lalu Sekjen PDIP Hasto dan PPP mengepung Banten untuk menggerakkan mesin politik," ujar Ujang.

Masih kata Ujang, sukarelawan dan kader juga berperan dalam unggulnya elektabilitas Ganjar di Banten. Selain itu, kehadiran sosok Rano Karno di Tangerang Raya sebagai anggota DPR RI Fraksi PDIP turut berpengaruh.

"Kemungkinan besar iya (peran Rano Karno). Karena menjadi salah satu tokoh kunci. Bisa jadi karena dia kan dulu Wakil Bupati Tangerang, Wakil Gubernur, dan pernah jadi Gubernur, lalu anggota DPR RI dari Banten," kata dia.

3. Figur Ganjar dinilai disukai oleh warga Banten

Survei LSI: Ganjar Lebih Unggul dari Prabowo di BantenGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, Ade Sumardi menilai, figur Ganjar Pranowo disukai oleh warga Banten. Sehingga, elektabilitasnya mampu berada di puncak.

"Terhadap beliau (Ganjar Pranoro) ya masyarakat Banten, setelah kita telusuri ke bawah, ternyata tingkat kesukaan rakyat kepada Pak Ganjar sangat luar biasa, sangat menyukai. Terus juga teman-teman PDI Perjuangan, juga partai pengusung yang mengkampanyekan Ganjar, termasuk peran para relawan," kata Ade.

Meski demikian, PDIP bertekad terus menaikkan popularitas Ganjar di Banten. Sehingga, semua masyarakat bisa mengenal mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

"Kesukaan rakyat Banten ke Pak Ganjar tinggi. Popularitasnya juga masih perlu dinaikkan. Nah, sehingga teman-teman relawan, teman-teman PDI perjuangan, partai koalisi pendukung Pak Ganjar, nah ini harus terus memperkenalkan Pak Ganjar yang sangat diterima oleh masyarakat. Dan sosok Pak Ganjar yang jujur, juga disenangi oleh masyarakat Banten," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya