Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik Jadi 35,9 Persen

Ganjar dan Prabowo bersaing rebutkan suara pemilih kritis

Jakarta, IDN Times - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) melakukan survei terhadap elektabilitas tiga nama bakal calon presiden (bacapres) 2024. Ketiga nama itu adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

SMRC melakukan survei pada 23-24 Mei 2023 melalui wawancara telepon dengan melibatkan 950 responden. Metode yang digunakan yakni random digit dialing (RDD), dengan margin of error sekitar 3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Baca Juga: Survei SMRC: 79,7 Persen Pemilih Kritis Puas dengan Kinerja Jokowi

1. Ganjar unggul di posisi pertama

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik Jadi 35,9 PersenPrabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawaninstagram.com/ganjar_pranowoIDN Times/Reynaldy Wiranata)

Dalam survei tersebut, elektabilitas Ganjar berada di posisi pertama. Berikut hasilnya:

- Ganjar Pranowo: 35,9 persen
- Prabowo Subianto: 32,8 persen
- Anies Baswedan: 20,1 persen
- Belum menentukan: 11,3 persen

Elektabilitas tiga bacapres itu mengalami kenaikan dari survei sebelumnya. Pada survei 16-17 Mei 2023, elektabilitas Ganjar adalah sebesar 33,3 persen. Kemudian Prabowo Subianto 30,5 persen, sedangkan Anies Baswedan dari 19,5 persen.

“Ganjar dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan urutan teratas, sementara Anies di urutan ketiga dengan selisih suara signifikan dengan Prabowo dan Ganjar,” ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam keterangannya.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Dianggap Paling Bisa Lanjutkan Program Jokowi

2. Ganjar dan Prabowo bersaing rebutkan pemilih kritis

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik Jadi 35,9 PersenGanjar Pranowo dan Prabowo Subianto (IDN Times/AryodamarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Deni menerangkan, Ganjar dan Prabowo bersaing memperebutkan pemilih kritis.

“Pada pemilih kritis, tingkat elektabilitas Anies Baswedan mencapai 20,1 persen, sementara Prabowo Subianto 32,8 persen, dan Ganjar Pranowo 35,9 persen,” ucap Deni.

Baca Juga: Dikukuhkan! Tim 7 Gardu Ganjar Lampung Siap Sosialisasi Ganjar Pranowo

3. Pemilih kritis memiiliki akses informasi sosial dan politik

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik Jadi 35,9 PersenIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Deni menerangkan, pemilih kritis ini adalah mereka yang memiliki akses informasi sosial dan politik lebih baik. Mereka dapat mudah mengambil sikap terkait dengan isu berkaitan dengan politik.

“Mereka umumnya adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan. Mereka juga cenderung lebih bisa mempengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya,” imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Survei LSJ: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya