Tim 8 Yakin Kebenaran Ucapan Denny Indrayana soal Anies Akan Tersangka

Sudirman Said harap Anies tak jadi tersangka

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana, mengklaim mendapat bocoran bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan akan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Sudirman Said, yakin pernyataan Denny benar.

"Prof. Denny itu hampir seluruh yang dikatakan itu menjadi kebenaran ya, ya dia seorang intelektual, seorang akademisi lah, tidak mungkin ngarang-ngarang, dan kita memberi apresiasi, karena yang disampaikan Prof. Denny semacam early warning. Jangan sampai itu terjadi, gitu. Dan kalau seseorang ditetapkan sebagai orang yang memiliki masalah hukum, betul-betul masalah kita hormati," ujar Sudirman di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Baca Juga: Denny Indrayana Ngaku Dapat Bocoran Anies Bakal Jadi Tersangka KPK

1. Tim 8 berdoa tidak ada hal buruk kepada Anies

Tim 8 Yakin Kebenaran Ucapan Denny Indrayana soal Anies Akan TersangkaBacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Sudirman berhadap tidak ada hal buruk menimpa Anies. Dia juga berharap tidak ada penyalahgunaan hukum.

"Pokoknya kita berdoa itu tidak terjadi, hal buruk tidak terjadi. Penyalahgunaan hukum tidak terjadi dan semua memperoleh perlakuan yang adil, semua mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi bukan sama-sama tidak suka kemudian digunakan segala cara," kata dia.

"Saya kira ini bukan karangan karena dari waktu ke waktu muncul keputusan macam itu. Dan sekarang dalam urusan KPK kita berdoa tidak terjadi begitu," sambung Menteri Enegeri dan Sumber Daya Mineral (ESDM) era Kabinet Kerja itu.

Baca Juga: Sekjen PDIP Desak Denny Indrayana Tanggungjawab Ucapannya

2. Denny Indrayana mengklaim Anies Baswedan bakal jadi tersangka KPK

Tim 8 Yakin Kebenaran Ucapan Denny Indrayana soal Anies Akan TersangkaMantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana (dok istimewa)

Sebelumnya, Denny Indrayana mengklaim mendapat bocoran dari seorang Anggota DPR bahwa eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, segera ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi oleh KPK.

"Setelah KPK 19 kali ekspose, ini pemecah rekor, seorang anggota DPR menyampaikan, Anies segera ditersangkakan. Semua komisioner sudah sepakat," ujar Denny dalam keterangan tertulis, Rabu (21/2/2023).

Denny menuding hal ini menjadi salah satu alasan di balik perpanjangan masa jabatan pimpinan KPK hingga 2024. Ia menilai KPK merupakan alat politik.

"Untuk menyelesaikan tugas memukul lawan-oposisi dan merangkul kawan-koalisi, sesuai pesanan kuasa status quo," ujarnya.

3. KPK bantah tudingan Denny Indrayana

Tim 8 Yakin Kebenaran Ucapan Denny Indrayana soal Anies Akan TersangkaPlt jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Santi Dewi)

Secara terpisah, KPK membantah tudingan Denny Indrayana tersebut. Juru Bicara KPK, Ali Fikri, menegaskan laporan dugaan korupsi yang menyeret Anies Baswedan masih tahap penyelidikan.

"Sejauh ini masih pada tahap penyelidikan," ujar dia.

Ali enggan menanggapi tudingan Denny lebih jauh karena berbasis asumsi saja. Ia menegaskan kerja KPK tak akan terganggu dengan hal politis di luar hukum.

"Kami penegak hukum, tetap bekerja tegak lurus dan tak terpengaruh pernyataan dan intervensi politis dari pihak yang terlibat dalam pertarungan politik diluar KPK," ujarnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/AXyT7lRkDWo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya