Jadi Tempat Pertemuan Delegasi KTT ASEAN, TMII Tutup 2 Hari

TMII tidak bisa dikunjungi publik pada 5-6 September 2023

Jakarta, IDN Times - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bakal tertutup bagi publik pada 5-6 September 2023. Penutupan itu berkaitan dengan dijadikannya TMII sebagai lokasi pertemuan ibu negara delegasi KTT ke-43 ASEAN.

"TMII tutup untuk masyarakat umum (pengunjung) pada 5-6 September 2023 karena digunakan untuk pertemuan delegasi ibu negara KTT ASEAN," kata Humas TMII, Novera Mayang Sari, dikutip dari ANTARA, Minggu (3/9/2023).

Baca Juga: Efek HTM Gratis, Akses ke TMII Macet dari Tamini Square

1. Pelaksanaan pertemuan bukan tanggung jawab TMII

Jadi Tempat Pertemuan Delegasi KTT ASEAN, TMII Tutup 2 HariTaman Mini Indonesia Indah (TMII). (IDN Times/Trio Hamdani)

Meski begitu, Novera menyatakan, TMII hanya menjadi tempat pelaksanaan pertemuan itu. Penyelenggara acara dipegang langsung oleh event organizer (EO).

"Kita (TMII) hanya memastikan area yang menjadi lintasan tamu negara bersih dan rapi. Untuk seluruh kegiatan dipegang oleh EO," ujar Novera.

Baca Juga: Pengelola TMII Sediakan Bus Gratis Antar Jemput dari Stasiun LRT

2. Pengamanan diambilalih paspampres

Jadi Tempat Pertemuan Delegasi KTT ASEAN, TMII Tutup 2 HariIlustrasi Personel Pasukan Pengamanan Presiden. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Bicara soal keamanan dalam kegiatan tersebut, Novera juga memastikan pengelola TMII tidak terlibat. Seluruh pengamanan acara dan ibu negara delegasi KTT ke-43 ASEAN dipegang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Petugas TMII tidak dilibatkan sama sekali. Pengamanan langsung oleh paspampres," ucap Novera.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pembukaan TMII, Kini Lebih Cantik dan Hijau

3. Jadwal pertemuan ibu negara delegasi KTT ASEAN

Jadi Tempat Pertemuan Delegasi KTT ASEAN, TMII Tutup 2 HariIbu Negara Iriana mengunjungi showcase UMKM di Puncak Waringin, Labuan Bajo, bersama para Ibu Negara ASEAN yang hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. (dok. Biro Sekretariat Presiden)

Pertemuan ibu negara delegasi KTT ASEAN itu akan digelar pada Rabu (6/9/2023). Geladi kotor kegiatan itu akan digelar di TMII pada Senin (4/9/2023). Sedangkan pada Selasa (5/9/2023), Paspampres dan penyelenggara akan menggelar geladi resik.

"Pertemuannya digelar pada Rabu (6/9/2023) sekitar pukul 09.00 WIB di Panggung Budaya Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian makan siang di Gedung Sasono Utomo," ujar Novera.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya