Jokowi Ingatkan TNI-Polri Tak Terlibat Politik Praktis di Pemilu 2024

Jokowi tidak meragukan soliditas TNI-Polri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2023 yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023). Rapim kali ini digelar untuk membahas sejumlah agenda penting yang akan berlangsung, baik agenda nasional maupun internasional.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara memberikan sejumlah arahan, salah satunya untuk menghadapi Pemilu 2024. Memasuki tahun politik ini, Jokowi mengingatkan, supaya TNI-Polri terus solid menjaga kondusifitas keamanan nasional.

Baca Juga: Polri Tegaskan Netralitas Kawal Pemilu 2024 

1. Jokowi tidak meragukan soliditas TNI-Polri

Jokowi Ingatkan TNI-Polri Tak Terlibat Politik Praktis di Pemilu 2024Jokowi hadiri Rapim TNI-Polri 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Jokowi tidak meragukan terhadap soliditas TNI-Polri. Menurut dia yang terpenting adalah bagaimana kedua lembaga ini bisa bersinergi menjaga keamanan nasional, utamanya menghadapi Pemilu 2024 supaya tetap kondusif.

“Gak ada, saya kira TNI-Polri tahu apa yang harus dikerjakan yang paling penting menjaga kondusifitas di tahun politik,” tutur Presiden.

2. TNI-Polri dilarang terlibat politik praktis dalam Pemilu 2024

Jokowi Ingatkan TNI-Polri Tak Terlibat Politik Praktis di Pemilu 2024Ilustrasi suap (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Jokowi juga mengingatkan supaya seluruh jajaran TNI-Polri tidak terlibat langsung politik praktis pada Pemilu 2024.

“(TNI-Polri) tidak terlibat dalam politik praktis,” ujar dia.

Baca Juga: TNI-Polri Rapim, Bahas Pengamanan Pemilu 2024 hingga Event Nasional

3. Pengamanan Pemilu 2024 jadi salah satu materi pembahasan Rapim TNI-Polri 2023

Jokowi Ingatkan TNI-Polri Tak Terlibat Politik Praktis di Pemilu 2024Ilustrasi pengamanan kotak suara (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Sementara, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan Rapim TNI-Polri 2023 digelar untuk membahas sejumlah agenda, salah satunya terkait pengamanan Pemilu 2024. Rapim juga membahas menganai agenda strategi nasional dan internasional, termasuk pertumbuhan ekonomi dan investasi.

Selain itu, Rapim TNI-Polri 2023 juga membahas sejumlah acara nasional dan internasional, serta stabilitas keamanan.

“Materi tentang pengamanan pemilu, mengamankan agenda-agenda strategis nasional, mulai dari investasi, pertumbuhan ekonomi, event-event nasional dan internasional, serta menjaga stabilitas keamanan,” tutur Dedi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya