Airlangga Temui Gibran di Solo, Bahas Peluang Jadi Cagub?

Gibran enggan ungkap isi pembicaraan karena rahasia

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pembicaraan empat mata dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, pada Senin (6/2/2023) kemarin, di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung. Salah satu poin yang dibahas yakni soal situasi politik terkini.

Pembicaraan itu terjadi usai keduanya meresmikan Solo Techno Park (STP). Kawasan itu dikelola oleh Pemkot Surakarta yang memadukan kawasan berbasis IPTEK, kebutuhan pasar berbasis industri dan bisnis, serta penguatan daya saing daerah. 

"Saya dengan Pak Wali, tentu silaturahmi sesudah peresmian STP. Namanya dari tokoh politik ya pasti bicara politik," ungkap Airlangga seperti dikutip dari kantor berita ANTARA, Selasa (7/2/2023). 

Saat ditanyakan apa saja yang dibicarakan oleh kedua pemimpin itu terkait isu politik, Airlangga enggan menjelaskan secara gamblang. "Ya, pokoknya menyangkut langkah ke depan, belakang, kiri dan kanan," tutur pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu berseloroh. 

Meski begitu, Airlangga tak menampik mereka sempat membahas kemungkinan Gibran bakal maju dalam Pilkada Gubernur 2024 mendatang. Tetapi, ia menyebut perlu pembahasan lebih lanjut terkait isu dukungan sebagai kepala daerah. 

"Sesudah itu baru nanti di-publish. Potensi selalu ada (bagi Gibran), apalagi sebagai pemerintah daerah. Ini semua kami bicara ada waktunya, ada penyelenggara pemilu namanya KPU, tentu harus sesuai dengan jadwal yang ada," ujarnya lagi. 

Apakah Golkar nantinya juga berencana bakal mendukung Kaesang yang sudah menunjukkan minat di dunia politik?

1. Komunikasi Golkar-Gibran akan terus berlanjut

Airlangga Temui Gibran di Solo, Bahas Peluang Jadi Cagub?Instagram.com/@kaesangp

Lebih lanjut, Airlangga memastikan akan ada pembicaraan lebih lanjut terkait isu politik. Bahkan, ia tak menampik bakal membahas soal rencana adik Gibran, Kaesang, yang bakal terjun ke dunia politik praktis. 

"Tentu harus dihargai (keinginan Kaesang). Komunikasi akan terus berlanjut. Kalau Beliau (Gibran) kan sudah ada partainya," kata Airlangga. 

Sementara, saat dikonfirmasi kepada Gibran, ia enggan mengungkap isi pembicaraan politik dengan Airlangga. Meski, putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu tak menampik turut membahas isu politik. 

"Sedikit (bahas soal pilkada 2024). Nanti saja ya. Yang ini tadi rahasia," ujar Gibran. 

Baca Juga: Kaesang Ungkap Minat untuk Terjun ke Politik, Jokowi-Gibran Terkejut

2. Prabowo sudah lebih dulu temui Gibran di Solo

Airlangga Temui Gibran di Solo, Bahas Peluang Jadi Cagub?Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) mengajari putra Jokowi, Gibran Rakabumi Raka (kiri) berkuda di Hambalang, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dokumentasi Prabowo)

Sementara, sebelum Airlangga, Gibran sudah menjamu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Solo pada akhir Januari 2023 lalu. Saat itu, Prabowo turut membagikan 20 unit kendaraan untuk Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Saat ditanyakan kepada Wakil Ketua Umum Gerindra, Sandiaga Uno, pertemuan Prabowo dengan Gibran adalah sesuatu yang baik. Sebab yang dilakukan ketua umumnya merupakan bagian dari komunikasi politik mendekati tahapan kontestasi demokrasi. 

"Apa yang dilakukan Pak Prabowo sangat sejuk buat suasana yang semakin cair," kata Sandiaga di kompleks parlemen DPR Senayan pada 25 Januari 2023 lalu. 

Sandiaga mengungkapkan, pertemuan kedua tokoh politik berbeda partai ini juga membawa kesejukan dalam menyambut tahun politik. Utamanya, untuk meredam isu polarisasi yang kerap dikaitkan terjadi menjelang pesta demokrasi.

"Dan itulah harapan seluruh masyarakat bahwa kontestasi demokrasi ini jangan buat kita terpolarisasi," kata dia.

Sandiaga mengatakan, semua pihak tentu berharap adanya kedamaian antar partai-politik. Hal itu, menurut dia, dapat diwujudkan dengan mengadakan berbagai pertemuan atau silaturahmi. Sandiaga juga berharap pertemuan politik itu berdampak baik bagi sektor pariwisata.

"Semakin banyak silaturahmi semakin banyak pembicaraan. Semakin banyak kesepahaman. Semakin banyak pertemuan-pertemuan dan itu juga buat pariwisata kan," ujarnya. 

"Jadi ini tahun politik, bagus buat pariwisata. Karena ekonomi kreatif setiap ada mobilitas dan pergerakan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan kontestasi ini akan berdampak pada pencapaian 1,4 miliar wisatawan Nusantara," kata yang juga menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

3. Golkar persilakan Kaesang bergabung selama punya niat baik dan satu visi

Airlangga Temui Gibran di Solo, Bahas Peluang Jadi Cagub?potret Kaesang Pangarep (youtube.com/Kaesang)

Sementara, Partai Golkar pernah mempersilakan Kaesang seandainya berminat untuk bergabung. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, partainya bersedia menerima semua orang dari berbagai kalangan asalkan mempunyai niat yang baik serta satu visi dengan Golkar.

"Yang merasa visinya sama dengan Partai Golkar dan mereka juga ingin bergabung dengan Partai Golkar, selama niatnya benar dan ikut membantu program-program dan membesarkan visi Partai Golkar, ya kami terima saja," ujar Doli pada 25 Januari 2023 lalu.

Doli pun menilai wajar bila Kaesang tertarik di dunia politik lantaran orang tuanya beserta kakak dan kakak iparnya, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution, juga aktif berpolitik dan menjadi pejabat pemerintah.

"Orang mau terjun atau tidak ke politik itu kan hak asasi manusia, apalagi kan Kaesang itu lingkungannya selama ini sudah berada di lingkungan politik," kata dia.

Lebih lanjut, Doli meyakini pilihan Kaesang menekuni dunia politik bukan untuk membangun dinasti politik dengan memanfaatkan masa jabatan Jokowi yang segera berakhir.

"Mereka kan masing-masing tentu punya pertimbangan, kematangan masing-masing ya. Ini kan sudah diberi amanah masing-masing jadi wali kota," tuturnya lagi. 

Baca Juga: Wajah Baru Solo Techno Park, Ada Gedung Baru dan Fasilitas Olahraga

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya