Bupati Purbalingga Terjaring OTT KPK

Ini adalah kepala daerah ke-10 yang kena OTT

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi senyap terhadap pejabat di daerah pada Senin (4/6). Kali ini yang berhasil diamankan adalah Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Tasdi.

Ia diamankan bersama dengan kepala unit layanan pengadaan (ULP), pihak swasta, dan ajudan.

"Empat orang itu kami amankan pada sore tadi. Mereka terdiri dari kepala daerah bupati, pihak swasta, pejabat ULP, dan ajudan. Saat ini mereka sudah bersama tim," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah memberikan konfirmasinya pada malam ini kepada media di kantor KPK.

1. Bupati Purbalingga ditangkap dengan barang bukti sejumlah uang

Bupati Purbalingga Terjaring OTT KPKIDN Times/Santi Dewi

Menurut Febri, Bupati Purbalingga, Tasdi, diamankan dengan barang bukti sejumlah uang yang diduga merupakan komitmen fee dari proyek tertentu. Namun, Febri belum dapat menjelaskan proyek apa yang melibatkan Tasdi.

"Yang saya dapatkan informasinya itu adalah proyek pembangunan. Secara rinci tentu belum dapat saya sampaikan proyek pembangunan apa dan tahun anggaran berapa. Tetapi, indikasinya merupakan penerimaan uang dari komitmen fee yang sudah dibicarakan sebelumnya," ujar Febri.

Selain mengamankan 4 orang di Purbalingga, penyidik KPK juga mengamankan 2 orang lainnya di Jakarta. Saat ini Tasdi masih diperiksa di Purbalingga. Rencananya, ia dan beberapa orang yang berada di Purbalingga akan dibawa ke Jakarta.

2. Kepala daerah ke-10 yang kena OTT KPK

Bupati Purbalingga Terjaring OTT KPKIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Febri, usai tiba di kantor KPK, maka penyidik memiliki waktu 1X24 jam untuk menentukan status Tasdi apakah akan dinaikan menjadi tersangka.

Ini menjadi kepala daerah ke-10 yang terkena operasi senyap lembaga anti rasuah. Miris ya? Rasanya seolah gak kapok dan belajar dari peristiwa yang dialami oleh kepala daerah di tempat lain. Sementara, ini menjadi OTT ke-12 yang dilakukan KPK dari periode Januari hingga Juni 2018.

3. Tasdi adalah kader PDI Perjuangan

Bupati Purbalingga Terjaring OTT KPKIDN Times/Sukma Shakti

Tasdi merupakan Bupati periode 2016-2021. Ia juga diketahui adalah Ketua Dewan Perwakilan Cabang PDI Perjuangan di Purbalingga sejak 2005 lalu.

Tasdi berpasangan dengan Dyah Hayuning Pratiwi dinyatakan menang pilkada oleh KPU Daerah pada 17 Desember 2015. Keduanya berhasil meraih 228.037 suara dan mengalahkan pasangan lainnya yakni Sugeng-Sutjipto yang meraih 190.276 suara.

Saat maju, mereka diusung oleh koalisi parpol dengan suara mayoritas yakni PDI Perjuangan, PKS, PAN, Partai Gerindra dan Partai Nasional Demokrat.

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya