Luhut Sempat Usul Cawapres Anies ke Surya Paloh, Siapa Ya?

Surya Paloh tetap kukuh dukung Anies di Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan, mengakui dalam pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh, Jumat (5/5/2023), sempat disinggung sosok capres dan cawapres Pemilu 2024.

Luhut bahkan menyebut sempat dimintai saran oleh Surya Paloh soal sosok bakal cawapres yang pas untuk mendampingi Anies Baswedan. 

"Pak Surya tanya (sosok cawapres) ya saya jawab. Karena ditanya, makanya saya jawab, dan hal itu gak perlu saya ceritakan ke Anda," ungkap Luhut, ketika ditemui media di Wisma Nusantara siang tadi. 

"Kami juga bertukar pandangan siapa sih yang cocok ini (capres) dan ini (cawapres). Ada juga (skema) capres yang kami omongin," sambung dia. 

Menurut Luhut, tak ada masalah bila isu capres 2024 juga dibahas dengan konglomerat pemilik Media Grup itu. Sebab, ia mengaku sudah beberapa kali bertemu Surya Paloh.

Menurutnya, hari ini menjadi kali keempat ia berjumpa dengan Surya Paloh. Luhut tak menampik tiap kali bertemu isu capres turut dibahas. 

Tak hanya itu, Luhut juga menyebut dalam pembicaraan empat mata itu, disinggung pula soal pertemuan enam ketua parpol di Istana Kepresidenan. Tetapi, keduanya tak membahas soal alasan NasDem sengaja tak diundang Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Istana. 

Lalu, apakah Luhut turut diminta untuk membujuk NasDem agar batal mengusung Anies di Pemilu 2024?

1. Surya Paloh tetap mendukung Anies di Pemilu 2024

Luhut Sempat Usul Cawapres Anies ke Surya Paloh, Siapa Ya?ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Luhut menyebut, Surya Paloh tetap memilih sikapnya yang berbeda dari koalisi parpol pengusung pemerintah. Kendati, dia tetap menganggap Surya Paloh sebagai teman baiknya. 

"Ya, kami berbeda pendapat. Aku suka teh, kamu suka kopi. Kan ndak perlu berantem," ujarnya. 

Mantan Menko Polhukam itu pun tak menampik masih ada peluang pertemuan lanjutan dengan Surya Paloh. Apalagi relasi keduanya sudah terjalin lama dan erat. 

"Ya, (relasi) saya sih kalau dengan Pak Surya kan memang baik. Kapan saja kami mau ketemu gak ada masalah. Saya kira Beliau juga punya karakter yang baik. Kalau pun di antara kami ada perbedaan pendapat, maka tak perlu ditumbuk-tumbukin," pinta Luhut. 

Meski NasDem kini dianggap di lingkar luar Istana, tetapi Presiden Jokowi tetap pemimpin semua pihak hingga Oktober 2024. "Jadi, Beliau punya langkah-langkah terukur menurut saya," tutur dia. 

Baca Juga: Temui Surya Paloh, Luhut Sebut NasDem Tetap Ada di Kabinet Jokowi

2. Luhut sebut NasDem tetap ada di Kabinet Jokowi jilid II

Luhut Sempat Usul Cawapres Anies ke Surya Paloh, Siapa Ya?Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dalam pertemuan tersebut, Luhut menyebut, tidak ada pembicaraan NasDem bakal pamit dari koalisi pemerintahan saat ini atau Kabinet Indonesia Maju jilid II. 

"Oh, ndak (bicarakan itu). Kami ndak (bahas) ke situ," ungkap Luhut, kepada media. 

Sebelumnya, ketika isu kocok ulang kabinet santer, menteri-menteri yang berpeluang besar dicopot Jokowi berasal dari NasDem. Sebab, NasDem dianggap sudah tak lagi merapat ke barisan parpol pendukung pemerintah karena memilih capres Anies Baswedan bersama dua partai oposisi, PKS dan Demokart. NasDem mengaku bakal tetap setia kepada Jokowi hingga Oktober 2024. 

3. NasDem bakal umumkan cawapres Anies pada Juli 2023

Luhut Sempat Usul Cawapres Anies ke Surya Paloh, Siapa Ya?Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Sementara, NasDem menyebut saat ini kandidat cawapres Anies Baswedan sudah mengerucut ke lima individu. Nama cawapres itu bakal diumumkan pada Juli 2023. Momen itu turut dimanfaatkan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk mendeklarasikan sosok capres-cawapres yang mereka usung. 

"Insyaallah nanti Juli pertengahan kita akan buat perhelatan kepada publik, deklarasi paslon," ungkap Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, ketika dikonfirmasi media, Kamis (4/5/2023). 

Sayangnya, Willy belum bersedia membocorkan lima kandidat cawapres Anies yang tengah digodok. Namun, ia mengonfirmasi saat ini sosok kandidat cawapres yang bakal mendampingi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tersisa lima orang. 

Namun, Willy menggarisbawahi, tidak menutup kans bagi sosok di luar lima nama itu untuk menjadi cawapres Anies. "Tentu pembicaraan kami buka cuma yang sekarang ada. Kami tetap berproses. Jadi, kalau toh datang alhamdulillah, kalau gak datang go ahead," tutur dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Potensi Sandiaga dan Mahfud Jadi Cawapres Anies Dinilai Rugikan AHY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya