PAN Yakin Golkar Setia di KIB meski Sering Ketemu Parpol Lain

Airlangga pagi ini ajak Cak Imin jogging dan sarapan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengaku yakin dan optimistis Golkar tidak akan meninggalkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Pernyataan itu disampaikan lantaran dalam dua pekan terakhir Golkar sudah ditemui oleh tiga petinggi parpol berbeda.

Pertama, pada 1 Februari, Golkar dikunjungi oleh Ketum Partai Nasional Demokrat. Kedua, pada 7 Februari giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menyambangi markas Golkar. Ketiga, pada Jumat, (10/2/2023), Ketum Airlangga Hartarto sarapan pagi dengan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar.  

"Pertemuan Pak Airlangga (dengan Cak Imin) kan cuma ngopi-ngopi aja. PAN sama sekali gak merasa khawatir (Golkar pindah haluan). Jadi, KIB itu koalisi lahir-batin. Ketika ada tamu dari luar ya kami terima dengan baik. Siapa tahu tamunya bergabung dengan kami," ungkap Viva kepada media di Jakarta pada Jumat, (10/2/2023). 

Viva pun menyebut bahwa di antara anggota parpol di KIB sudah terjalin rasa saling percaya. Bentuk kongkrit dari sikap tersebut yakni dengan menyampaikan notifikasi ke anggota parpol di KIB seandainya bakal menemui parpol lain di luar koalisi. 

"Jadi, semua pertemuan itu sudah diinfokan lebih dulu. Termasuk pertemuan Pak Airlangga dengan Cak Imin hari ini. Kami besok akan ketemu ini ya. Jadi, tingkat toleransi dan kepercayaan di KIB itu tinggi," kata dia. 

Viva mengatakan selama ini parpol yang bernaung di KIB tidak terlihat ada masalah atau saling lempar argumen. Berbeda dengan parpol di koalisi lain. 

"Buktinya di KIB selalu tidak ada masalah. Semua pada enjoy kan? Ya, itu karena (pondasi) bangunan (koalisi) itu dari platform program, bukan dari pendekatan figur," ujarnya lagi. 

Lalu, kapan KIB bakal mengumumkan capres dan cawapres di pemilu 2024?

Baca Juga: Golkar Tolak Rayuan PKS agar Nyeberang ke Koalisi Perubahan?

1. KIB tidak ingin tergesa-gesa mengajukan capres untuk Pemilu 2024

PAN Yakin Golkar Setia di KIB meski Sering Ketemu Parpol LainInformasi soal pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat ditanya kapan KIB bakal mengumumkan capres, Viva menyebut, pihaknya tidak ingin tergesa-gesa. Masih ada waktu yang cukup untuk menimbang hingga pendaftaran capres pada September 2023. 

"Kami tidak ingin tergesa-gesa karena kami akan ukur dinamika politiknya. Ini kan bagian, proses dan strategi pemenangan KIB. Nanti capres yang ditentukan harus membawa kemenangan. Karena harus menang, makanya kami tidak ingin tergesa-gesa," ujar dia. 

Viva menyebut KIB sudah punya timeline kapan mengumumkan sosok capresnya. Namun, mereka masih menunggu momen yang tepat. 

"Biar pimpinan partai lah nanti yang mengumumkan. Masih ada beberapa alternatif. Mekanismenya anggota KIB akan mengusulkan di rapat KIB, kemudian di rapat KIB akan diputuskan secara musyawarah mufakat tanpa voting," tutur dia. 

Baca Juga: Survei LSI Denny JA Prediksi PAN Gagal ke Senayan, Viva Yoga Meradang

2. PAN senang Golkar ditemui petinggi NasDem dan PKS

PAN Yakin Golkar Setia di KIB meski Sering Ketemu Parpol LainPertemuan Ketua Partai Nasional Demokrat Surya Paloh dan Ketum Golkar, Airlangga Hartarto di kantor DPP Partai Golkar. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Terkait sejumlah pertemuan yang dilakukan anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan parpol dari koalisi lain, apakah PAN khawatir? Viva mengaku justru merasa senang. Sebab, para pimpinan parpol melakukan komunikasi dan bersilaturahmi dalam rangka menyamakan persepsi dan frekuensi menjelang pilpres. 

"Lebih senang lagi kalau mereka bergabung dengan Golkar. Karena otomatis bila bergabung dengan Golkar, maka bisa bergabung dengan KIB. Istilahnya buy one get three," kata dia. 

Viva juga mengaku yakin KIB akan tetap solid hingga pendaftaran capres ke KPU pada September 2023. Itulah, kata dia,  yang membedakan KIB dengan koalisi lainnya. 

"Perbedaannya, satu KIB itu dibangun dari platform. Jadi, Golkar, PAN dan PPP akan menyatakan bergabung ke KIB itu karena kami disatukan platform. Kami sudah membuat perencanaan program yang bernama PATEN (Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional)," tutur dia. 

Viva menjelaskan sosok figur yang bakal diajukan jadi capres dan cawapres adalah mereka yang bisa menerapkan platform PATEN tersebut.

"Jadi, pendekatan kami bukan dari figur (soal memilih capres), tapi dari platform. Dan kalau parpol lain kan dari figur dan belum juga kan (diumumkan)," ujarnya. 

3. Airlangga sempat minta DPR agar segera membahas soal Perppu Cipta Kerja

PAN Yakin Golkar Setia di KIB meski Sering Ketemu Parpol LainKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto ketika olahraga pagi dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar di Senayan pada Jumat, (10/2/2023). (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Sementara, saat pemberian keterangan pers di Senayan pagi ini, Airlangga menjelaskan salah satu topik yang dibicarakan yakni dukungan para pemimpin di DPR untuk mengesahkan Perppu Cipta Kerja menjadi UU Cipta Kerja. Apalagi Muhaimin merupakan Wakil Ketua DPR. 

Menurut Airlangga, pertemuan Golkar dan PKB menandakan persamuhan kedua parpol besar. "Tadi, kami bersepakat bahwa KIB perlu dipererat dan dikonsolidasikan karena tentu banyak agenda tertentu yang harus dilaksanakan," ungkap Airlangga di sebuah restoran di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, (10/2/2023). 

Ia menambahkan Perppu Cipta Kerja harus secepatnya disahkan sebagai undang-undang. "Sebab, aturan ini memberikan kesepakatan di tahun 2023. Kita ketahui tantangan global belum selesai, sehingga memasuki tahun politik, jadi kami di Golkar sepakat agar politik dibuat adem terus," ujarnya lagi. 

Baca Juga: [WANSUS] Sekjen PAN: KIB Sekoci Capres Pilihan Koalisi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya