Partai Garuda Daftarkan 582 Bacaleg, Didominasi Politisi Muda

Partai Garuda juga mengajukan politisi lokal maju di dapil

Jakarta, IDN Times - Partai Garuda mendaftarkan 582 bakal calon anggota legislatif ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).  Ketua Umum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana, mengatakan mayoritas caleg parpolnya merupakan politisi muda. 

"Jadi, dari 582 kursi, kami penuhi semua. Jadi, caleg penuh. Alhamdulilah, caleg kita didominasi dengan caleg-caleg muda dan tokoh-tokoh muda di daerah," ujar Ridha di kantor KPU pada sore tadi. 

Ia juga menjelaskan bahwa hampir semua individu yang maju jadi caleg merupakan warga lokal di daerahnya. "Jadi, bukan calegnya tinggal di Jakarta tapi maju nyaleg di Sumatera. Yang maju jadi caleg adalah orang Sumatera yang tinggal di Sumatera. Bahkan, di kabupatennya yang mereka duduk di situ," kata dia. 

Di sisi lain, Ridha turut memamerkan keterwakilan caleg perempuan di Partai Garuda lebih besar dari kuota yang diwajibkan yakni 40 persen. "Jadi, kami sangat mencintai wanita," tutur Ridha berseloroh. 

Ia pun turut menyebut bahwa sebagai parpol peserta resmi pemilu maka Garuda juga berhak memberikan dukungan ke capres tertentu. Siapa capres yang bakal mereka dukung?

1. Partai Garuda bakal umumkan dukungan ke capres pekan ini

Partai Garuda Daftarkan 582 Bacaleg, Didominasi Politisi MudaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ridha mengatakan partainya bakal mengumumkan dukungan ke capres tertentu. Namun, ia enggan mengungkap siapa capres tersebut. 

"Minggu ini kami deklarasikan. Yang pasti dia cinta terhadap republik ini, cinta NKRI, dan sangat dekat dengan Garuda. Jadi, sosoknya tidak asing lah," kata dia. 

Saat media mengonfirmasi sosok yang dimaksud Prabowo Subianto, Ridha tak membantah dengan tegas. "Yang pasti Beliau tinggal di Jakarta dan minggu ini akan kami deklarasikan," ujarnya lagi. 

Ia menambahkan sebelum Partai Garuda memberikan dukungan bagi capres tersebut, mereka akan melakukan pertemuan lebih dulu. "Tapi, kami di DPP sudah memutuskan bahwa kita akan mendorong yang bisa tegas memimpin republik ini," tutur dia. 

Baca Juga: Partai Garuda Ajak Gen Z Masuk Parpol, Ikut Bikin Kebijakan

2. KPU bakal umumkan status kelengkapan berkas pendaftaran caleg

Partai Garuda Daftarkan 582 Bacaleg, Didominasi Politisi MudaKetua KPU RI Hasyim Asy'ari (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sementara, Ketua KPU, Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya bakal memeriksa berkas-berkas bacaleg dari Partai Garuda. Bila ada berkas yang dinyatakan tidak lengkap, maka kata Hasyim, Partai Garuda dapat melakukan perbaikan sebelum batas waktu akhir pendaftaran bakal caleg pada Minggu (14/5/2023) pukul 23:59 WIB. 

Ketum Partai Garuda, Ridha berharap berkas-berkas pendaftaran bakal caleg DPR yang mereka serahkan kepada KPU RI dapat dinyatakan lengkap. "Mudah-mudahan, data kami lengkap," ujar Ridha. 

Namun, seandainya dinyatakan tidak lengkap, kata Ridha, Partai Garuda siap melengkapi berkas-berkas tersebut. 

3. Enam partai politik sudah mendaftarkan bakal caleg DPR

Partai Garuda Daftarkan 582 Bacaleg, Didominasi Politisi MudaKetua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022). (IDN Times/Siti Nurhaliza).

Sementara, hingga Kamis (11/5/2023) pukul 16.00 WIB, sudah ada enam parpol yang telah mendaftarkan bakal caleg DPR. Mereka adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hanura, PDI Perjuangan (PDIP), Partai NasDem, Partai Ummat dan Partai Garuda. 

Pada Jumat esok, setidaknya akan ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyerahkan daftar bakal calegnya.

Pendaftaran bakal caleg DPR RI untuk semua daerah pemilihan akan dilakukan oleh pengurus pimpinan pusat parpol dengan mengunjungi kantor KPU Pusat.

Baca Juga: Profil Partai Garuda, Sejarah, Visi Misi dan Struktur Kepengurusan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya