Prabowo Ajak Wiranto Gabung Partai Gerindra

Wiranto juga mengajak eks kader Hanura gabung ke Gerindra

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, melakukan kunjungan balasan ke kediaman pribadi Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Hambalang, Kabupaten Bogor, Senin (1/5/2023). Salah satu tujuan Wiranto menemui Prabowo lantaran ingin mengajak sejumlah pengikutnya di Hanura bergabung menjadi kader Gerindra. 

Menurut Wiranto, sebagian kadernya yang dianggap nasionalis memilih melanjutkan perjuangan di Partai Gerindra. Sedangkan, sebagian kader yang relijius diarahkan untuk bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mantan Panglima TNI itu sudah berkunjung ke PPP Senin siang. 

Ia juga ingin eks kader-kader terbaik Hanura tidak menghentikan aktivitas politiknya meski ia tak lagi memimpin parpol tersebut. "Terima kasih, Pak Prabowo sangat tulus menerima perjuangan mereka, karena mereka potensial untuk ikut berjuang bersama Gerindra," kata Wiranto di hadapan Prabowo. 

Dalam pertemuan itu, Wiranto juga mengisahkan alasan ia terpaksa merelakan Partai Hanura dipimpin orang lain. "Saya dengan satu dan lain hal terpaksa melepaskan Hanura, sistem navigasinya berubah, maka saya melepaskan Partai Hanura. Tapi itu pengalaman yang berharga untuk saya," tutur dia. 

Prabowo kemudian merespons pernyataan Wiranto itu dengan ajakan agar ikut bergabung ke Partai Gerindra. Apalagi, Wiranto mendatangi Padepokan Garuda Yaksa sudah mengenakan kemeja berwarna putih. 

"Syukur-syukur bapak juga (bergabung) karena bapak sudah mengenakan baju putih. Bapak didaulat, saya pikir itu penting," ungkap Prabowo kepada mantan atasannya itu di ABRI (TNI). 

Lalu, apa respons Wiranto yang diajak menjadi kader Partai Gerindra?

1. Wiranto tak bisa terafiliasi ke parpol selama masih duduk di Wantimpres

Prabowo Ajak Wiranto Gabung Partai GerindraMantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Wiranto ketika menemui Prabowo Subianto di Hambalang. (www.instagram.com/@mochamadiriawan84)

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono, mengatakan sebelum bergabung ke Gerindra, Wiranto harus mengikuti ketentuan yang ada. Apalagi, saat ini Wiranto masih menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). 

"Beliau kan saat ini merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, saya kira ada aturan-aturan yang harus Beliau ikuti. Meski didaulat (untuk bergabung), tetap saja harus mengikuti aturan yang berlaku," kata Sugiono mewakili Gerindra ketika memberikan keterangan kepada media. 

Lebih lanjut, ia mengaku belum menerima detail siapa saja eks kader Hanura yang diajak bergabung ke Gerindra. Namun, ia memastikan eks kader Hanura yang direkomendasikan Wiranto akan ditempatkan di barisan terdepan Gerindra. 

Baca Juga: Prabowo Silaturahmi ke Rumah Wiranto, Ajak Gabung Gerindra?

2. Prabowo minta kepada Wiranto agar dampingi presiden selanjutnya

Prabowo Ajak Wiranto Gabung Partai GerindraIDN Times/TeatrikaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara, Prabowo memuji Wiranto dalam pertemuan tersebut. Sebab, Wiranto sudah pernah mendampingi lima presiden. 

Kelima presiden itu adalah Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, dan Joko "Jokowi" Widodo. Kini, Prabowo memohon kepada Wiranto agar turut mendampingi presiden selanjutnya.

"Karena Bapak sudah pernah mendampingi lima presiden, saya mohon Bapak mendampingi presiden ke-6, Pak," ujar Prabowo.

"Ini daulat, Pak. Jadi sulit menolaknya," katanya, menambahkan.

Hadirin pun tertawa mendengar kalimat Prabowo itu. Kemudian, giliran Wiranto yang memuji Prabowo. Wiranto menyebut Menteri Pertahanan tersebut mampu membesarkan Partai Gerindra.

Bahkan, kata Wiranto, di tangan Prabowo, Gerindra menjadi partai papan atas di Indonesia. Wiranto pun mendorong Prabowo untuk menjadi capres.

Wiranto mengatakan itu berdasarkan pengalamannya mendampingi presiden selama ini. "Saya paham betul apa yang harus dilakukan presiden. Sekarang giliran adik saya, sahabat saya, kolega saya," kata Wiranto, menunjuk Prabowo.

3. Dalam pertemuan itu, terlihat pula Marzukie Alie dan Jimly Asshiddiqie

Prabowo Ajak Wiranto Gabung Partai GerindraMantan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Jimly Asshiddiqie dalam kegiatan Seminar dan Lokakarya Nasional Refleksi Implementasi Fungsi Mediasi di Indonesia di The Sultan Hotel Jakarta Kamis (12/12/2019) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dalam pertemuan antara Wiranto dan Prabowo, turut terlihat dua tokoh yakni mantan Ketua DPR Marzukie Alie dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie. Menurut Sugiono, kedua tokoh itu memang aktif dalam kegiatan yang dilakukan Gerindra. 

"Beliau berdua memang selama ini aktif dalam arti sering bersama kami dalam rangka memikirkan hal-hal yang perlu dilakukan ke depan, dalam rangka memperbaiki kondisi bangsa dan meneruskan apa yang sudah baik dari bangsa ini. Dan menyempurnakan program-program bersama Partai Gerindra mereka juga," ujar Sugiono. 

Sugiono menyebut kedua tokoh itu belum memiliki kartu tanda anggota (KTA). Namun, dukungan yang diberikan sudah dinyatakan secara langsung.

"Kalau bicara KTA, belum (diberi). Ya Beliau mendukung (menyatakan langsung). Ya itu saya bilang program-program, banyak bertukar pikiran dengan Pak Prabowo," tutur dia. 

Baca Juga: Partai Hanura Dukung Ganjar Pranowo Jadi Calon Presiden RI 2024-2029

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya