Ridwan Kamil Masuk Radar Cawapres Ganjar, Golkar: Dia Dukung Airlangga

Golkar klaim nama Airlangga juga masuk radar cawapres Ganjar

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus mengatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tetap berkomitmen untuk mendukung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai bakal capres pada Pemilu 2024. Pernyataan itu disampaikan untuk merespons kalimat Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto pada Rabu kemarin yang menyebut nama Emil, sapaan akrabnya, termasuk salah satu individu yang masuk dalam radar PDIP untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. 

"Sementara, kami berpegang pada (ucapan) itu. Pak Ridwan Kamil tetap komit mendukung Pak Airlangga," ujar Lodewijk di kantor DPP Partai Golkar pada Kamis (29/6/2023). 

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR itu, nama Ridwan Kamil bukan satu-satunya bakal cawapres yang dibidik oleh PDIP. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyebut setidaknya sudah ada 10 nama bakal cawapres yang ada di kantongnya. 

Bahkan, menurut Lodewijk, nama Airlangga diklaim juga masuk ke dalam daftar kandidat bakal cawapres Ganjar. "Kalau cerita Pilpres, sebenarnya yang disampaikan Ibu Mega atau Ibu Puan bukan (cuma) nama Pak Ridwan Kamil. Pertanyaannya, kenapa kok wartawan hanya menyoroti nama Pak Ridwan Kamil?" tanyanya. 

Ia menambahkan setidaknya ada tujuh nama yang pernah disampaikan oleh Puan selaku Ketua Tim Pemenangan PDIP sudah masuk ke dalam daftar kandidat bakal cawapres. "Nah, salah satunya di situ ada Pak Ridwan Kamil, ada Pak Airlangga Hartarto, ada Imam Besar Masjid Istiqlal, ada Pak Muhaimin Iskandar dan banyak lagi. Kan ada tujuh nama itu yang disampaikan," tutur dia. 

 

1. Sekjen Golkar ingatkan nama-nama itu baru kandidat, belum ada keputusan resmi

Ridwan Kamil Masuk Radar Cawapres Ganjar, Golkar: Dia Dukung AirlanggaRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Lebih lanjut, Lodewijk mengingatkan bahwa nama-nama yang kini beredar dan disebutkan baru sebatas kandidat. Partai berlambang banteng hitam dan moncong putih tersebut belum mengambil sikap resmi siapa sosok yang dipilih menjadi bakal cawapres. 

Sementara, Partai Golkar hingga saat ini masih berpegang pada hasil Musyawarah Nasional yang digelar pada 2019 lalu yakni mendukung Airlangga sebagai capres di Pemilu 2024. "Lho jangan berkira-kira. Orang baru kelihatan di radar kok teman-teman wartawan kayak memutuskan. Nanti, setelah itu. Jadi kita tunggu kira-kira bulan Agustus baru jelas," kata Lodewijk. 

Baca Juga: PDIP: Kang Emil, Erick, Sandi, Mahfud, Basuki Masuk Bursa Cawapres

2. Ridwan Kamil menganggap namanya masuk radar bakal cawapres PDIP sebagai doa

Ridwan Kamil Masuk Radar Cawapres Ganjar, Golkar: Dia Dukung AirlanggaGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Kang Emil menganggap namanya yang masuk ke dalam daftar bakal cawapres PDIP merupakan doa. "Itu doa. Jadi, kalau itu doa, mari kita aminkan saja," kata Kang Emil yang dikutip dari keterangan tertulis PDIP pada Kamis (29/6/2023). 

Namun, Kang Emil memiliki sikap yang kokoh terhadap aturan partai tempatnya bernaung kini yaitu Golkar. "Saya taat pada apa yang digariskan partai, Partai Golkar. Sehingga, apa pun kita doakan yang terbaik untuk semuanya," ujar mantan Wali Kota Bandung ini.

3. Nama Ridwan Kamil masuk radar PDIP berawal dari pantun Hasto Kristiyanto

Ridwan Kamil Masuk Radar Cawapres Ganjar, Golkar: Dia Dukung AirlanggaSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, nama Kang Emil diketahui ikut masuk ke dalam radar bakal cawapres PDIP bermula dari pantun yang disampaikan oleh Sekjen Hasto Kristiyanto. Hasto pada Rabu kemarin sedang berada di kawasan GOR Saparua, Bandung untuk prosesi peletakan batu pertama pembangunan monumen Plaza Ir. Soekarno. 

Setidaknya ada tiga pantun yang disampaikan Hasto di hadapan hadirin dan isinya memuji Kang Emil. “Dari Jakarta menuju Bandung. Pemandangannya indah banyak gunung. Kepemimpinan Pak RK selalu kita dukung. Bangun monumen megah, seluruh keluarga Bung Karno pun ikut tersanjung," kata Hasto.

“Dasasila Bandung berhasil guncangkan dunia. Membangun solidaritas antarbangsa. Di sini akan dibangun patung Bung Karno tertinggi di dunia. Semua berkat kerja keras Pak RK,” tutur dia.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh daya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” katanya disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin. 

https://www.youtube.com/embed/AXyT7lRkDWo

Baca Juga: Pengamat: AHY Temui Puan untuk Dongkrak Nilai Tawar di Koalisi Anies

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya