Wiranto Gabung PAN Akhir Februari, Bakal Dapat Jabatan Terhormat

Masuknya Wiranto jadi amunisi baru bagi PAN

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, tidak menampik mantan Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, bakal bergabung ke parpol yang ia pimpin. Namun, ia menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan ke publik. 

"Nanti lagi ya, pada saatnya," ujar Zulkifli di kantor DPP PAN Jakarta, Senin (20/2/2023). 

Kabar hengkangnya Wiranto dari Partai Hanura disampaikan politikus Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir pada 16 Februari 2023. Ia menyebut sikap Wiranto yang memilih bergabung PAN adalah keputusan yang harus dihormati siapapun. 

"Karena konstitusi kita mengatur hak-hak warga negara Indonesia dalam menentukan hak politiknya," ungkap Inas kepada media. 

Ia mengakui Hanura bakal kehilangan sosok individu yang telah berjasa mendirikan parpol berlogo padi dan kapas itu. Apalagi, Hanura juga sempat melahirkan 16 kader yang bisa menembus DPR di Senayan. 

"Merupakan keberuntungan luar biasa bagi PAN ketika Pak Wiranto melego jangkarnya untuk berlabuh di partai besutan Zulkifli Hasan tersebut, karena akan menambah kekuatan politik Partai Amanat Nasional," kata dia.

Lalu, apakah Wiranto sudah mengomunikasikan keputusannya untuk pindah dari Hanura ke PAN?

1. Wiranto tak perlu komunikasikan keputusannya pindah dari Hanura

Wiranto Gabung PAN Akhir Februari, Bakal Dapat Jabatan TerhormatIDN Times/Muhammad Rahmat Arief

Lebih lanjut, Inas mengatakan, Wiranto tidak perlu mengomunikasikan keputusannya pindah ke partai lain. Apalagi, selama ini Wiranto sudah tidak aktif di jajaran kepengurusan Hanura. 

"Selama ini memang Pak Wiranto tidak berkenan menjadi pengurus Partai Hanura karena kesibukannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres)," kata Inas seperti dikutip dari kantor berita ANTARA

Inas menilai kepindahan Wiranto ke PAN akan berpengaruh pada elektabilitas Partai Hanura. Ia mencontohkan ketika Wiranto tidak aktif terlibat dalam kegiatan partai, elektabilitas Hanura menurun. 

"Analisa saya memang ada pengaruhnya ketidaktifan Pak Wiranto di Hanura dengan elektabilitas partai. Jadi, kepindahan Pak Wiranto ini akan berpengaruh para partai," tutur dia. 

Baca Juga: Wiranto Diisukan Akan Gabung PAN, Hanura: Tak Ada Urusan

2. PAN seolah dapat durian runtuh dengan bergabungnya Wiranto

Wiranto Gabung PAN Akhir Februari, Bakal Dapat Jabatan TerhormatANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sementara, menurut analis politik, Adi Prayitno, bergabungnya Wiranto akan berpengaruh signifikan kepada elektabilitas PAN pada Pileg 2024. Ia menduga Wiranto tidak seorang diri berpindah ke PAN. 

"Tentu bagi PAN ini semacam durian runtuh karena ada tambahan amunisi. Wiranto sudah aral melintang di dunia politik dan sudah tahu rekam jejaknya," kata Adi kepada media, Senin (20/2/2023). 

Adi menilai keputusan Wiranto berpindah ke PAN tidak lepas dari hitung-hitungan politik. Salah satunya soal ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

Seperti diketahui, pada Pemilu 2019, tidak ada caleg dari Partai Hanura yang lolos ke Senayan. Sedangkan, pada Pemilu 2014 Hanura mendapat 16 kursi di DPR. 

Menurut Adi, ada kemungkinan Wiranto menilai Hanura saat ini akan sulit menembus ambang batas parlemen sebesar 4 persen dari total suara sah nasional. Di sisi lain, ada kemungkinan Wiranto sedang tidak cocok dengan elite Hanura.

"Dua variabel ini yang bisa menjelaskan belakangan Wiranto dikaitkan dengan PAN. Mungkin di tahun 2024 PAN sudah dipastikan lolos," tutur dia. 

3. PAN pastikan Wiranto bakal diberi posisi terhormat

Wiranto Gabung PAN Akhir Februari, Bakal Dapat Jabatan TerhormatSekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno (www.instagram.com/@eddy_soeparno)

Sementara, Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, menyebut seandainya Wiranto resmi bergabung dengan PAN, ia akan mendapatkan jabatan terhormat.

"Saya tidak mau berandai-andai, tetapi seorang tokoh sekaliber beliau, itu akan menempati posisi yang sangat terhormat (di PAN)," kata Eddy di ICE BSD pada 17 Februari 2023. 

Menurut Eddy, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang bakal mengumumkan langsung bergabungnya Wiranto pada 26-28 Februari 2023. Dalam rentang waktu tersebut, PAN bakal menggelar Rakornas Pemenangan Pemilu di Semarang, Jawa Tengah. 

"Nanti kami akan perkenalkan juga caleg-caleg PAN yang baru, termasuk juga kami akan perkenalkan nanti tokoh-tokoh yang bergabung ke PAN," tutur dia. 

Baca Juga: Profil, Visi Misi dan Fakta Partai Hanura, Parpol Rintisan Wiranto

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya