16 April Hari KOPASSUS: Ini Dia Sejarahnya

Kopassus pun sempat berganti nama beberapa kali

Jakarta, IDN Times - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dibentuk pada tahun 16 April 1952 dan ditetapkan sebagai Hari Kopassus yang diperingati setiap tahunnya. Dalam perjalannya, Kopassus merupakan bagian dari sejarah bangsa Indonesia.

Pada Juli 1950 terjadi pemberontakan di Maluku oleh kelompok yang bernama Republik Maluku Selatan. Pimpinan Angkatan Perang RI saat itu segera mengerahkan pasukan untuk menumpas kelompok tersebut.

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa Kirim 20 Prajurit Kopassus ke Korsel, Kenapa?

1. Sejarah Hari Kopassus

16 April Hari KOPASSUS: Ini Dia Sejarahnya(Ilustrasi Kopassus) ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Kopassus awalnya muncul ketika didirikannya Kesatuan Komando Teritorium III. Pembentukannya berdasarkan Instruksi Panglima Tentara dan Teritorium III NO.55/Instr/PDS/52 pada tanggal 16 April 1952.

Komandan pertama yang memimpin Kopassus adalah Mayor Moch dan Idjon Djanbi. Sebelum diamanatkan memegang jabatan itu, Mayor Moch dan Idjon Djanbi merupakan mantan KNIL atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda yang pernah bergabung dengan Korps Speciale Troepen dan bertempur dalam perang dunia II.

Berdirinya Kopassus terjadi akibat adanya pemberontakan di Maluku. Operasi penumpasan kelompok tersebut dipimpin oleh Panglima Teritorium III Kolonel A.E.Kawilarang, lalu yang menjadi komandannya adalah Letkol Slamet Riyadi.

Operasi ini berhasil dijalankan dan mengilhami Letkol Slamet Riyadi untuk mempelopori pembentukan sebuah satuan pemukul yang mampu bergerak cepat dan tepat. Terutama dalam menghadapi berbagai sasaran di medan tempur, meskipun dalam keadaan yang berat.

Namun, Letkol Slamet Riyadi gugur dalam pertempuran di sekitar kota Ambon, hal itu tidak menyurutkan niat untuk membentuk satuan pemukul yang bisa bergerak cepat dan tepat. Gagasan Letkol Slamet Riyadi tersebut dilanjutkan oleh Kolonel A.E Kawilarang dan tepat pada 16 April tahun 1952 terbentuk Kesatuan Komando Teritorium III.

2. Beberapa kali perubahan nama Kopassus

16 April Hari KOPASSUS: Ini Dia SejarahnyaSejarah terbentuknya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat (IDN Times/Aditya Pratama)

Pada awalnya, Kopassus berasal dari Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT) yang dibentuk pada tahun 1952. Setelahnya, Kesko TT pun berubah nama beberapa kali, yaitu:

1.      Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) tahun 1952

2.      Kestauan Komando Angkatan Darat (KKAD) tahun 1953

3.      Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) tahun 1955

4.      Pusat Pasukan Khusus TNI-AD (Puspassus TNI-AD) tahun 1966

5.      Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha) tahun 1971

6.      Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tahun 1985- sekarang

Itulah rangkuman sekilas mengenai sejarah Hari Kopassus yang berdiri pertama kali pada 16 April 1952. Selamat Hari Kopassus!

Baca Juga: 3 Perwira TNI AD Dikirim ke Saudi untuk Belajar Atasi Ekstrimisme

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya