7 Ribu Jemaah Bergerak dari Madinah ke Makkah, Laksanakan Ibadah Haji

Ada 5 pos di Bir Ali

Madinah, IDN Times - Jemaah haji Indonesia yang berada di Madinah berangsur-angsur bergerak ke Kota Makkah untuk mulai mengerjakan umrah wajib, sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Pergerakan jemaah haji dari Madinah ke Kota Makkah, berlangsung dari Kamis kemarin, yang diawali oleh lima kelompok terbang (kloter).

Pada hari ini, Jumat (2/6/2023), sebanyak 7.092 jemaah dari 18 kelompok terbang (kloter) akan didorong ke Makkah.

Para jemaah haji meninggalkan Kota Makkah setelah sembilan hari berada di Madinah utuk melaksanakan ibadah Arbain di Masjid Nabawi dan berziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah.

Baca Juga: Jemaah Haji Miqat Ihram di Bir Ali Madinah, Bersiap Umrah Wajib

1. Jemaah meninggalkan Madinah secara bertahap

7 Ribu Jemaah Bergerak dari Madinah ke Makkah, Laksanakan Ibadah HajiKedatangan Jemaah Haji embarkasi Aceh disambut dengan salawat badar di Bandara AMMA, Madinah, pada Kamis (25/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Jemaah dari 18 kloter tersebut akan meninggalkan Kota Madinah secara bertahap, mulai pukul 06.00 hingga 16.00 waktu Arab Saudi.

Sebelum masuk ke Kota Makkah, jemaah terlebih dulu mengambil miqat ihram untuk umrah wajib di Bir Ali atau Dzulhulaifah.

Begitu tiba di Bir Ali, jemaah haji yang belum berwudu, bisa langsung berwudu untuk melakukan salat tahiyatul masjid dan salat sunah ihram di masjid yang ada di dalam Bir Ali.

2. Singgah di Bir Ali mengambil miqat ihram

7 Ribu Jemaah Bergerak dari Madinah ke Makkah, Laksanakan Ibadah HajiBir Ali, tempat miqat ihram di Madinah, Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Kepala Sektor Khusus Bir Ali, Aruji Maswatu mengatakan, waktu singgah di Bir Ali sangat singkat, sehingga jemaah diminta untuk berpakaian ihram dari hotel masing-masing.

"Sejak tahun ini dan bahkan dari tahun kemarin kami memberikan penegasan kepada jemaah haji bahwa untuk singgah di Bir Ali waktunya sangat singkat, karena jemaah hajinya bukan hanya dari Indonesia tapi juga dari negera lain, maka waktunya tidak terlalu lama," ujar Aruji, Kamis, 1 Juni 2023, di Bir Ali.

Baca Juga: Darmiah, Jemaah Haji yang Tak Bisa Melihat Tapi Sampai di Tanah Suci 

3. Ada 5 pos di Bir Ali

7 Ribu Jemaah Bergerak dari Madinah ke Makkah, Laksanakan Ibadah HajiJemaah haji usai miqat di Bir Ali Madinah (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah PPIH Arab Saudi, Zaenal Muttaqin menyatakan, para petugas di Bir Ali telah siap menyambut kedatangan jemaah haji yang akan didorong ke Makkah. 

"Untuk menyambut jemaah haji, kami menempatkan sejumlah petugas di sejumlah titik di Bir Ali untuk memantau pergerakan jemaah haji. Ada 5 pos yang disiapkan di Bir Ali mulai dari pos masuk hingga pos pemberangkatan bus menuju Mekkah," ucapnya, Kamis kemarin.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya