Jokowi: Kita Akan Mulai New Normal dari Wilayah yang Kurvanya Menurun 

Skala RO sudah di bawah 1, dianggap aman untuk new normal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pemerintah akan segera memulai skenario new normal atau kenormalan baru. Namun, penerapan new normal itu tidak dilakukan secara serentak, melainkan akan dimulai dari wilayah-wilayah yang dianggap sudah aman atau penyebaran virusnya semakin turun.

"Kita mulai untuk tatanan baru ini, kita coba di beberapa provinsi, kabupaten dan kota yang memiliki R0 di bawah satu dan juga pada sektor-sektor tertentu yang kita lihat di lapangan bisa melakukan, mengikuti tatanan normal baru yang ingin kita kerjakan," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/5).

1. Tatanan normal baru akan dimulai dari wilayah yang sudah memiliki skala RO di bawah 1

Jokowi: Kita Akan Mulai New Normal dari Wilayah yang Kurvanya Menurun Dok. Setkab/Agus Suparto

Penjelasan dari wilayah yang sudah dianggap aman menurut Jokowi itu ialah wilayah yang memiliki skala R0 yakni basic reproduction number (nomor reproduksi dasar) virus corona sudah di bawah 1.

Jokowi: Kita Akan Mulai New Normal dari Wilayah yang Kurvanya Menurun IDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Ini Syarat Daerah Bisa Dikatakan Siap Beraktivitas dengan New Normal

2. Jokowi minta protokol new normal disosialisasikan secara masif

Jokowi: Kita Akan Mulai New Normal dari Wilayah yang Kurvanya Menurun Dok. Agus Suparto

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar protokol yang dibuat nantinya harus beradaptasi dengan skenario new normal yang telah disiapkan Kementerian Kesehatan. Ia juga meminta agar protokol disosialisasikan secara masif.

"Sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan, baik mengenai jaga jarak, mengenai pakai masker, mengenai cuci tangan, mengenai dilarang berkerumun dalam jumlah yang banyak," jelasnya.

3. Jokowi yakin kurva virus corona menurun jika protokol disosialisasikan secara masif

Jokowi: Kita Akan Mulai New Normal dari Wilayah yang Kurvanya Menurun Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap melaksanakan Shalat Id berjamaah di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Lukas/hma/aww.)

Jika sosialisasi protokol new normal dilakukan secara masif, Jokowi meyakini bahwa kurva virus corona akan semakin menurun. "Saya yakin kurva R0 dan Rt betul-betul bisa kita turunkan dan ini sudah kita lihat di beberapa provinsi bisa kita kerjakan," ujar mantan pengusaha mebel itu.

Baca Juga: Jelang New Normal, Jokowi Terjunkan Polri-TNI untuk Disiplinkan Warga 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya