Baru 1 Kasus Tapi Indonesia Umumkan KLB Polio, Apa Alasan Kemenkes?

Kasus ini muncul setelah bebas polio pada 2014

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) buka suara atas ditemukannya 1 kasus polio tipe 2 di Kabupaten Pidi, Provinsi Aceh sehingga ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Indonesia menjadi negara ke-16 yang masih melaporkan kasus poliovirus tipe 2 per 15 November 2022.

"Kita tahun ini 1 (kasus) melaporkan dari Aceh, jadi negara ke-16, dan setiap penemuan 1 kasus Polio itu merupakan suatu kejadian luar biasa, jadi masuk di KLB," kata Direktur Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DR. dr. Maxi Rein Rondonuwu dalam konferensi pers virtual, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga: 5 Fakta seputar Virus Polio dan Vaksinnya

1. Kronologi kejadian

Baru 1 Kasus Tapi Indonesia Umumkan KLB Polio, Apa Alasan Kemenkes?Polio (kemkes.go.id)

Pasien positif polio berusia 7 tahun 2 bulan dengan gejala kelumpuhan pada kaki kiri. Dijelaskan Maxi, yang bersangkutan mulai sakit pada 6 Oktober 2022. Gejalanya berupa panas dan flu.

"Kemudian dia mulai terasa onset mulai lemah itu di tanggal 9," ujarnya.

Anak tersebut kemudian masuk ke rumah sakit pada 18 Oktober di RSUD TCD Sigli, untuk selanjutnya diambil 2 sampel pada 21 dan 22 Oktober. Sampel kemudian dibawa ke provinsi dan dilanjutkan dikirim ke Jakarta. Sampel diterima di BKPK pada 28 Oktober.

Kemudian sampel diperiksa pada 7 November, keluar hasilnya melalui RT PCR tipe 2 polio virus, dan tipe 3 Sabin. Sehari berikutnya dilakukan sekuensing di Lab Bio Farma.

"Kemudian dikirim ke lab Bio Farma untuk sekuensing, dan ternyata memang betul dia tipe 2 ya. Hasil sekuensing itu polio tipe 2," tuturnya.

2. Indonesia kembali temukan kasus polio setelah dinyatakan bebas pada 2014

Baru 1 Kasus Tapi Indonesia Umumkan KLB Polio, Apa Alasan Kemenkes?penularan polio (pixabay.com/DaModernDaVinci)

Dia menjelaskan bahwa virus polio tipe 2 telah dinyatakan eradikasi pada tahun 2015 sedangkan virus tipe 3 telah dinyatakan eradikasi pada tahun 2019, dan Indonesia telah dinyatakan bebas polio pada tahun 2014.

"Indonesia sudah mendapatkan sertifikat bebas polio tahun 2014," tuturnya.

Baca Juga: Mengapa Penyakit Polio Dapat Menyebabkan Kelumpuhan?

3. Daftar negara yang masih melaporkan kasus polio tipe 2

Baru 1 Kasus Tapi Indonesia Umumkan KLB Polio, Apa Alasan Kemenkes?ilustrasi pemberian vaksin polio (unicef.org/Raphael Pouget)

Dijelaskan Maxi, selain Indonesia sebelumnya ada 15 negara yang masih melaporkan kasus polio tipe 2, yakni Yaman, Kongo, Republik Afrika, Ghana, Somalia, Nigeria, Chad, dan Amerika Serikat, Algeria, Mozambik, Eritrea, Togo dan Ukraina.

Kemudian ada 2 negara endemik virus polio tipe 1, yakni Pakistan dan Afghanistan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya