Citra Humanis Prabowo Dinilai Bisa Raup Suara Besar di 2024

Jelang 2024 Prabowo punya citra positif di masyarakat

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai citra humanis dan berhati besar yang belakangan ditunjukkan Prabowo Subianto belakangan ini, membuka peluang kemenangan pada Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menilai citra positif Prabowo tersebut bisa menarik elektoral besar.

Baca Juga: Survei Populi: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo

1. Prabowo juga dikenal tegas dan sederhana

Citra Humanis Prabowo Dinilai Bisa Raup Suara Besar di 2024Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (dok. istimewa)

Menurut Ujang, Prabowo dikenal masyarakat sebagai sosok yang terkenal dengan ketegasan dan kesederhanannya. Sikap yang dimiliki Prabowo itu, kata dia, semakin menjadikannya sebagai salah satu kandidat capres terkuat pada Pilpres 2024.

“Ya itu juga saya sepakat, tadi kan saya sebut terkenal dengan ketegasan dan kesederhanaannya, kalau kita lebih dalam lagi, Prabowo Subianto dikenal ramah humanis dan besar hati ya,” kata Ujang saat dihubungi pada Rabu (5/7/2023).

“Lalu peluangnya di pemilu seperti apa, kalau kebesaran hati atau jiwa, Pak Prabowo Subianto humanis, ramah, ketegasan, kesederhanaan itu bisa terus dimunculkan ke publik ya bisa terus dipublish ke publik, dikampanyekan dan disosialisasikan ke publik, ya bisa-bisa saja,” lanjut Ujang.

Baca Juga: Prabowo Semula Berharap Ganjar Pranowo Jadi Cawapresnya di Pemilu 2024

2. Peluang Prabowo menang di pilpres makin besar jika didukung Jokowi

Citra Humanis Prabowo Dinilai Bisa Raup Suara Besar di 2024Presiden Joko "Jokowi" Widodo didampingi Menhan Prabowo meresmikan gedung VVIP di Bandara Ngurah Rai, Bali. (twitter.com/KemenPU)

Selain itu, Ujang juga menilai sinyal dukungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepada Prabowo sebagai salah satu calon presiden (capres) sangat mempengaruhi Pemilu 2024. Prabowo berpotensi memenangkan Pilpres 2024 jika mendapat dukungan dari Jokowi.

“Peluang menangnya ada, karena tidak ada incumbent, karena Jokowi kelihatannya juga dukung Prabowo Subianto, ya sekarang arahannya juga begitu, kelihatan arah itu,” kata Ujang.

Baca Juga: Survei: Masyakarat Yakin Jokowi Endorse Prabowo di 2024

3. Prabowo punya pengalaman di pilpres

Citra Humanis Prabowo Dinilai Bisa Raup Suara Besar di 2024Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komaruddin (IDN Times/Rochmanudin)

Pria yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) itu juga memiliki berbagai pengalaman dalam kontestasi politik. Tercatat, Prabowo sudah maju mencalonkan diri sebagai capres sebanyak dua kali.

Pada Pilpres 2014, Prabowo maju berpasangan dengan Hatta Rajasa. Kemudian di Pilpres 2019, Prabowo duet dengan Sandiaga Uno.

“Prabowo tentu punya pengalaman ya di pencapresan itu, jadi walaupun kalah dua kali tentu dengan pengalaman itu, bisa saja, untuk yang ketiga kalinya di 2024 nanti, bisa unggul bisa menang,” ucap Ujang.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya