Dress Code Biru-Putih, Relawan Erick Thohir Bantah Terafiliasi PAN

Dukungan Relawan Satset diklaim tak terkait parpol manapun

Jakarta, IDN Times - Sekelompok orang mendeklarasikan diri sebagai Relawan Sahabat Setia Erick Thohir (Relawan Satset) pada Senin (6/3/2023). Dengan tegas, mereka menyatakan dukungannya kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Salah satu yang jadi sorotan dari Relawan Satset ialah warna jaket yang dipakai para pendirinya, yakni biru putih mirip dengan salah satu partai politik.

Baca Juga: Erick Thohir Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Brawijaya

1. Meski punya warna sama, dukungan Relawan Satset tak terkait PAN

Dress Code Biru-Putih, Relawan Erick Thohir Bantah Terafiliasi PANSekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Ketua Umum Relawan Satset, Ahmad Nabil Bintang mengatakan warna biru putih relawan yang dipilih tak terkait partai politik manapun. Dia tak memungkiri warna tersebut memang mirip dengan PAN.

"Warna-warna mirip PAN, iya, mungkin ya (warnanya mirip PAN)," ujar Bintang saat ditemui usai deklarasi di kawasan Jakarta Pusat, Senin (6/3/2023).

"(Relawan Satset) tidak ada afiliasi dengan partai apa pun," lanjut dia.

Baca Juga: PAN Sinyal Duetkan Ganjar-Erick, PDIP: Jalan Pintas Tanpa Kaderisasi

2. Relawan Satset sempat bingung pilih warna

Dress Code Biru-Putih, Relawan Erick Thohir Bantah Terafiliasi PANDeklarasi relawan Sahabat Setia Erick Thohir (Satset). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Bintang menjelaskan, sejak awal rencana berdirinya Relawan Satset, pihaknya sempat bingung memilih warna khas. Mengingat jelang kontestasi politik 2024 mendatang, banyak yang mengaitkan dukungan terhadap bakal calon presiden (bacapres) dengan parpol tertentu.

Oleh sebab itu, kata dia, warna Relawan Satset yang didominasi biru putih tak terkait parpol manapun.

"Untuk warna sebenarnya kita bingung sih mas dan dalam situasi politik ini pun, warna apa pun akan akan disandingkan dengan sesuatu, tetapi sebetulnya tidak ada. Warna apa pun, tidak ada maksudnya apapun, makanya kita bingung pilih warna apa," tutur dia.

Baca Juga: PAN Sewot Disebut Serobot Ganjar Jadi Capres oleh PDIP

3. Alasan dukung Erick Thohir di 2024

Dress Code Biru-Putih, Relawan Erick Thohir Bantah Terafiliasi PANMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Youtube JakLingko Indonesia)

Lebih lanjut, Bintang mengatakan, Erick Thohir layak untuk ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 lantaran merupakan salah satu tokoh kunci di kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kalau kita bahasakan mungkin bisa dibilang menteri kunci dari Pak Jokowi yang sering berikan tugas-tugas yang bisa dibilang impossible," kata dia.

Bintang mencotohkan ketika Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari FIFA imbas kasus tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Namun berkat jaringan Erick Thohir, Indonesia akhirnya tak mendapatkan sanksi dari FIFA.

Selain itu, Bintang juga mengapresiasi terbosan Erick Thohir memberantas berbagai masalah di BUMN. Ketum PSSI itu dinilai bakal melanjutkan pembangunan yang telah dikerjakan Jokowi.

"Itu cukup menurut kami sebagai salah satu terobosan juga dan beliau berani membongkar kasus-kasus yang selama ini cukup menahun yah kayak Asabri dan sebagainya," ucapnya.

Dia juga memuji langkah Erick dalam menangani Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

"Dalam kepiawaiannya juga akhirnya Indonesia bisa menciptakan vaksin sendiri, itu menjadi sebuah terobosan baru bagi masyarakat saat ini dan banyak lagi terbosan-terobosan beliau yang menurut kami beliau memang menjadi saksi kunci," imbuh dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya