Erick Thohir Dinilai Berpotensi Jadi Kuda Hitam pada Pilpres 2024

Survei elektabilitas Erick Thohir terus naik

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, dinilai mempunyai kiprah dan prestasi yang mumpuni sebagai calon pemimpin. 

Hal tersebut diungkapkan Pengamat Politik, Yuari Prayanto. Dia menilai, integritas Erick Thohir membuatnya menjadi salah satu pemimpin kepercayaan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Elektabilitas Capres Naik Usai Diendorse Jokowi

1. Erick Thohir bisa jadi kuda hitam pada 2024

Erick Thohir Dinilai Berpotensi Jadi Kuda Hitam pada Pilpres 2024ilustrasi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Yuari mengatakan, sosok Erick Thohir belakangan melejit di dalam bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam berbagai hasil survei, dia digadang-gadang maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Selain itu, Erick Thohir juga dinilai mampu menjadi kuda hitam serta primadona untuk mendampingi capres.

“Seperti kuda hitam, Erick Thohir melejit sebagai tokoh yang menjadi favorit. (Survei) Indo Barometer yang baru kemarin, mereka menyebutkan Erick Thohir telah menjadi cawapres primadona,” kata Yuari dalam keterangannya, Sabtu (1/4/2023).

Baca Juga: Disebut Layak Maju Cawapres, TGB: Hak Perindo, Itu Sehat dan Baik

2. Survei jadi tolak ukur Erick Thohir dilirik masyarakat

Erick Thohir Dinilai Berpotensi Jadi Kuda Hitam pada Pilpres 2024ilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Yuari menuturkan, elektabilitas Erick Thohir dalam berbagai survei menunjukkan sosoknya yang belakangan mulai dilirik masyarakat. Menurut dia, hasil survei itu bisa jadi tolak ukur dalam dinamika politik Pemilu 2024 mendatang.

“Suara rakyat melalui survei tentu tidak bisa dianggap sepele, kiprah dan prestasi Erick Thohir telah banyak dilihat masyarakat,” tutur dia.

Baca Juga: Soal Capres 2024, Perindo Ingin Ada Keberlanjutan Kepemimpinan

3. Survei elektabilitas cawapres Indo Barometer, Erick Thohir tertinggi

Erick Thohir Dinilai Berpotensi Jadi Kuda Hitam pada Pilpres 2024Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indo Barometer, Erick Thohir merupakan cawapres favorit pilihan masyarakat. Ia memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Elektabilitas Erick Thohir terpotret di angka 22,9 persen dan berada di posisi pertama sebagai cawapres. Elektabilitas Eks Presiden Inter Milan ini mengungguli Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar.

Khofifah terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,8 persen dan berada di posisi kedua. Sedangkan Muhaimin berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 6,7 persen. Kemudian, disusul Puan Maharani 6,3 persen dan Chairul Tanjung 2,7 persen.

 

Penasaran isu-isu soal Pemilu 2024 dan gonjang ganjing capres-cawapres? Baca selengkapnya di sini ya!

Baca Juga: Dinilai Sosok Profesional, Erick Thohir Disebut Layak Maju Pilpres

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya