Gibran soal Dugaan Pelanggaran Bagikan Susu di CFD: Silakan Ditelusuri

Bawaslu usut dugaan pelanggaran

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka pasang badan soal dugaan pelanggaran kampanye aksi bagi susu gratis ke masyarakat saat kegiatan hari bebas kendaraan alias car free day (CFD) di Jakarta. Temuan dugaan pelanggaran itu sedang diusut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta.

Gibran mempersilakan Bawaslu menelusuri dugaan pelanggaran tersebut.

"Silakan ditelusuri. Jika ada sesuatu yang tidak pas, silakan nanti bisa dikomunikasikan dengan tim kami," kata Gibran kepada awak media di GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023) malam.

Baca Juga: Tanggapi Pengakuan Agus Rahardjo, Bahlil Ungkap Gaya Jokowi saat Marah

1. Gibran pastikan pembagian susu gratis di CFD tanpa alat peraga kampanye

Gibran soal Dugaan Pelanggaran Bagikan Susu di CFD: Silakan DitelusuriCawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat bagikan susu gratis di kegiatan CFD, Jakarta Pusat (3/12/2023) (dok. Istimewa)

Wali Kota Solo itu mengaku belum menerima teguran dari Bawaslu. Gibran memastikan, tak ada atribut kampanye saat aksi bagi susu gratis di CFD.

"Yang jelas kemarin kami semua tanpa atribut, tanpa APK (alat peraga kampanye), ya," ucap dia.

Baca Juga: KPU Segera Rapat Lagi Bareng Timses Bahas Debat Pilpres

2. Bawaslu DKI Jakarta telusuri dugaan pelanggaran

Gibran soal Dugaan Pelanggaran Bagikan Susu di CFD: Silakan DitelusuriIlustrasi pelanggaran pemilu (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta, Benny Sabdo mengatakan, Bawaslu Jakarta Pusat sedang menelusuri lebih lanjut dugaan pelanggaran dalam kegiatan Gibran bagi susu gratis di CFD.

Mengingat, dalam aturan yang berlaku, kegiatan CFD tidak boleh disusupi kegiatan politik seperti kampanye.

"Potensi dugaan pelanggaran tentu ada. Karena itu, Bawaslu Jakarta Pusat melakukan penelusuran (atas) peristiwa tersebut," kata Benny dalam keterangannya.

Baca Juga: Gibran Salah Sebut, Ini Manfaat Asam Folat untuk Pria

3. Aksi Gibran bagi susu gratis di CFD

Gibran soal Dugaan Pelanggaran Bagikan Susu di CFD: Silakan DitelusuriPrabowo-Gibran diarak jelang pendaftaran ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, Gibran sempat berolahraga sambil membagikan susu gratis di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2023).

Gibran mengikuti kegiatan CFD itu bersama jajaran figur partai pengusungnya. Susu gratis merupakan salah satu program yang digaungkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Paslon nomor urut dua itu menilai, pembagian susu itu efektif mengatasi masalah stunting di Indonesia.

Adapun, sejak dibukanya awal masa kampanye pada Selasa, 28 November 2023, Prabowo-Gibran langsung menginstruksikan kepada seluruh Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk turun ke bawah membagikan makan siang dan susu gratis.

Membagikan makan siang dan susu gratis ini menjadi program unggulan apabila Prabowo-Gibran menang di 2024.

Dalam visi-misi Prabowo-Gibran juga disebut, mereka menjanjikan memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya