GP Mania Bubar, Tak Lagi Dukung Ganjar Nyapres di 2024

GP Mania akan gelar konpers untuk umumkan alasannya

Jakarta, IDN Times - Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania dipastikan akan bubar dan tak lagi memberikan sokongan kepada Gubernur Jawa Tengah itu maju jadi Calon Presiden (Capres) di 2024.

Ketua Umum GP Mania, Immanuel Ebenezer, memastikan pembubaran tersebut secara resmi bakal dilakukan pada Kamis, 9 Februari 2023 besok.

"Ya pokoknya bubar," kata Immanuel dalam keterangannya, Rabu (8/2/2023).

1. Noel tak merinci alasan pembubaran GP Mania

GP Mania Bubar, Tak Lagi Dukung Ganjar Nyapres di 2024Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Ketika ditanya lebih lanjut alasan GP Mania dibubarkan, pria yang akrab dipanggil Noel ini hanya menjelaskan bahwa semuanya bakal diungkapkan pada acara pembubaran besok.

"Artinya kalau bubar tadi, kan kita tidak dukung Ganjar lagi," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Noel juga merupakan ketua dari Relawan Jokowi Mania (Joman) pada Pemilu 2019. Dia kemudian memutuskan mendukung Ganjar sebagai Capres 2024 pada 2021 lalu.

Baca Juga: Elektabilitas Anies dan Ganjar Kalahkan Prabowo, Gerindra Tidak Risau

2. GP Mania sempat menyebut ada upaya adu domba Jokowi dengan Ganjar

GP Mania Bubar, Tak Lagi Dukung Ganjar Nyapres di 2024Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika blusukan ke Pasar Muntilan pada Sabtu, 21 Mei 2022 lalu didampingi Gubernur Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar YouTube Ganjar Pranowo)

Sebelumnya, Noel sempat buka suara terkait adanya isu Jokowi bakal jadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), apabila Ganjar Pranowo terpilih sebagai Presiden RI di 2024 mendatang.

Immanuel menilai, isu tersebut termasuk dalam politik adu-domba yang sengaja dibuat memecah-belah hubungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Ganjar Pranowo dengan PDIP. Meski begitu, dia meyakini saat ini kebanyakan masyarakat sudah melek politik sehingga tak mudah terpengaruh dengan isu liar yang beredar.

"Benar-benar kampungan. Isu tidak bermutu, dan sikap itu tidak mewakili pandangan relawan Ganjar, maka orang yang melontarkan isu tersebut harus dicatat oleh publik," kata dia dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Dikukuhkan! Tim 7 Gardu Ganjar Lampung Siap Sosialisasi Ganjar Pranowo

3. Noel klaim ada kelompok yang tidak ingin Ganjar nyapres

GP Mania Bubar, Tak Lagi Dukung Ganjar Nyapres di 2024Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kompak mengenakan kemeja PGRI bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada peringatan Hari Guru 2022. (www.instagram.com/@ganjar_pranowo)

Noel lantas menegaskan, pihak yang melontarkan isu tersebut berasal dari kelompok yang tidak ingin Ganjar maju sebagai Capres 2024.

Menurut Noel, Jokowi dan Ganjar adalah kader PDIP yang setia dan tidak perlu diragukan lagi. Keduanya sudah teruji dalam perjalanan sebagai kader, hingga mencapai puncak penugasan.

“Saya yakin pelontar isu adalah pihak musuh. Maksud mereka, supaya Ganjar tidak dicalonkan PDI Perjuangan, sehingga mereka tinggal berhadapan dengan calon yang ringan dan dinilai mudah dikalahkan,” kata dia.

Baca Juga: Survei LSI: Ganjar Pranowo Unggul dalam Simulasi Pilpres

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya