IDN Times Luncurkan Gen Z Memilih, Tanya soal Pemilu Boleh Banget!

Gen Z Memilih adalah microsite seputar pemilu

Jakarta, IDN Times - IDN Times hari ini, Senin (13/2/2023) menggelar acara launching microsite GenZMemilih, Senin (13/2/2023). Acara ini sekaligus membuka talk show yang rutin digelar setiap pemilu selama tahapan pemilu berlangsung. 

Acara tersebut digelar secara langsung di Kantor IDN Media HQ, Jalan Gatot Subroto Kav 27, Lantai 16, Jakarta Pusat. Acara ini juga disiarkan secara live di YouTube IDN Times dan TikTok IDN Times.

Baca Juga: Survei: Partisipasi Politik Millennial dan Gen Z di Pemilu 2024 Tinggi

1. Dihadiri sejumlah mahasiswa, politisi, dan pejabat lembaga pemerintah

IDN Times Luncurkan Gen Z Memilih, Tanya soal Pemilu Boleh Banget!Poster Launching microsite GenZMemilih (Dok. iDN Times)

Pembicara yang mengisi acara ini terdiri dari mahasiswa, politikus, dan pejabat pemerintah, di antaranya anggota DPR Fraksi PDIP Putra Nababan, Anggota DPR Fraksi Golkar Puteri Anetta Komaruddin, Wakil Bendahara Umum PAN Rizki Aljupri, Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Irwan Fecho, Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati, dan Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama.

Acara ini dipandu moderator Presiden Gen Z dan Tiktoker Rian Fahardhi. Sementara, puluhan mahasiswa dari berbagai kampus diundang sebagai peserta acara.

2. Tujuan program Gen Z Memilih

IDN Times Luncurkan Gen Z Memilih, Tanya soal Pemilu Boleh Banget!Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

IDN Times sebagai media yang menargetkan milenial dan Gen Z, punya peran dan tanggung jawab memberikan edukasi dan literasi soal politik dan Pemilu 2024 kepada Gen Z dan Milenial.

Apalagi IDN Media sudah menjadi media partner KPU dengan menandatangani MoU pada Oktober 2022.

Melalui microsite khusus dan program talkshow series Gen Z Memilih, IDN Times akan memberikan edukasi dan literasi yang diharapkan bisa menjadi panduan bagi Gen Z dan Milenial.

Rencananya, talk show Gen Z Memilih berlangsung seminggu sekali dari, mulai Februari hingga Desember 2023 dengan menghadirkan pembicara-pembicara kompeten dan wakil Gen Z. Selain itu, IDN Times juga bekerja sama dengan sejumlah kampus.

Baca Juga: Gen Z, Yuk Kenali Tugas dan Fungsi DPR Sebelum Coblos Caleg!

3. Cara mengajukan pertanyaan di microsite Gen Z Memilih

IDN Times Luncurkan Gen Z Memilih, Tanya soal Pemilu Boleh Banget!Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, program #MillennialsMemilih by IDN Times pernah meraih penghargaan kategori Best Digital Project to Engage Younger and/or Millennial Audiences. Ajang penghargaan Asian Digital Media Awards 2019 itu diselenggarakan World of Association of Newspaper and News Publisher (WAN-IFRA) di Hong Kong, Rabu (30/10/2020).

Program #MillennialsMemilih diluncurkan pada 31 Oktober 2018, jelang Pemilu 2019. Program ini menargetkan pembaca milenials dan gen Z menggarap berita pemilu secara serius dan meluncurkan fitur inovatif, dengan menyediakan fitur tanya jawab dari pembaca. Tim editorial menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca dengan artikel.

Pembaca yang mengirimkan pertanyaan terbaik dan vote terbanyak akan mendapat hadiah uang tunai yang diundi setiap pekan. Pada microsite terbaru #GenZMemilih juga masih tersedia fitur ini dan juga dilengkapi berbagai fitur terbaru lainnya seperti profil partai politik, infografis elektabilitas capres dan partai politik serta berbagai fitur lainnya.

Buat kamu yang akan mengirimkan pertanyaan, caranya gampang banget. Berikut tata cara mengajukan pertanyaan di #GenZMemilih:

- Buka situs IDN Times atau buka link ini https://tanyajawab.idntimes.com/
- Pilih kanal Tanya Jawab, dan pilih fitur "Lainnya"
- Masukan pertanyaan dan sertakan hastag #GenZMemilih. 

4. Riset IDN Times soal Gen Z jelang Pemilu 2024

IDN Times Luncurkan Gen Z Memilih, Tanya soal Pemilu Boleh Banget!ilustrasi gen Z (IDN Times/Indonesia Gen Z Report 2022)

Sebelumnya, hasil riset IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix menunjukkan, calon pemimpin menurut Gen Z Indonesia adalah mereka yang memiliki visi yang jelas untuk negara dan berintegritas, sehingga mereka tidak akan korupsi, serta memiliki pengalaman politik.

Meskipun 61 persen Gen Z mengatakan mereka memilih pemimpin politik yang memiliki agama yang sama dengan mereka, ketika agama dikaitkan dengan faktor-faktor lain.

Hal ini menunjukkan, pada akhirnya kemampuan seorang kandidat lebih signifikan dalam menggaet suara calon pemilih, dibandingkan latar belakang agama, popularitas, etnis, dan bahkan partai politiknya.

Hasil survei ini juga menunjukkan, sebanyak 41 persen Gen Z menyatakan siap menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2014, sebanyak 30 persen menyatakan netral, dan 29 persen menyatakan tidak peduli.

Riset berjudul Indonesia Gen Z Report 2022 ini dirilis berbararengan dengan agenda tahunan Indonesia Millennial & Gen-Z Summit (IMGS) by IDN Media, yang dihelat pada 29-30 September 2022.

Riset ini dilatarbelakangi kelangkaan penelitian di ranah Gen Z, yang menimbulkan mitos dan stereotipe pada generasi ini. Selain menggali pemahaman mendalam tentang Gen Z di Indonesia, riset ini juga bertujuan untuk mengetahui pandangan politik generasi ini di Tanah Air. Termasuk, pilihan mereka terhadap sosok calon pemimpin mendatang, dan minat mereka untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Survei ini digelar pada 27 Januari - 7 Maret 2022 dengan melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi di Indonesia, dengan metode survei multistage random sampling. Sementara, margin of error survei ini kurang dari 5 persen.

Topik:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya