Musra Anggap Wajar Pemimpin Berani Ala Jokowi Diklaim Sinyal Buat Prabowo

Musra beri tiga nama capres ke Jokowi

Jakarta, IDN Times - Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia menanggapi pernyataan berbagai pihak yang menilai kriteria pemimpin 2024 pemberani sebagaimana disebutkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengarah ke Prabowo Subianto.

Ketua Musra Indonesia, Panel Barus menuturkan, dalam pidatonya Jokowi memang beberapa kali menyebut kata mengenai sifat pemberani.

"Pak Jokowi sembilan kali sebut kata pemberani dan berani," kata dia kepada IDN Times, Senin (15/5/2023).

Baca Juga: Golkar Bahagia Nama Airlangga Masuk Dalam Usulan Capres Musra 

1. Musra wajarkan jika ada pihak yang menilai pemimpin berani mengarah ke Prabowo

Musra Anggap Wajar Pemimpin Berani Ala Jokowi Diklaim Sinyal Buat PrabowoBendahara Umum Pro Jokowi (Projo) Panel Barus (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Panel Barus menegaskan, yang dimaksud pemberani oleh Jokowi ialah berani membela rakyat dan bangsa Indonesia. Keberpihakan pemimpin untuk rakyat itu bisa dilihat apakah dia berani mengedepankan kepentingan rakyat ketimbang.

Lebih lanjut, Bendahara Umum (Bendum) Pro Jokowi (Projo) ini mewajarkan jika ada beberapa pihak yang menilai, kriteria pemimpin berani dimaknai ke salah satu nama capres, seperti Prabowo.

"Pemberani untuk rakyat itu garis utamanya, pemberaninya harus untuk rakyat, itu pembedanya. Kata kunci pembedanya itu harus pemberani untuk rakyat dan negara. jangan dia berani untuk kelompoknya, atau dia berani untuk kalangannya. Artinya harus pemberani itu, jangan pilih yang takut atau penakut, kalau kemudian dipersonifikasikan kriteria itu ke Pak Prabowo menurut saya ya wajar-wajar saja ya," ujarnya.

Baca Juga: Masuk Daftar Cawapres Musra, Moeldoko Bersyukur

2. Joman nilai kriteria pemimpin berani yang disebut Jokowi adalah Prabowo

Musra Anggap Wajar Pemimpin Berani Ala Jokowi Diklaim Sinyal Buat PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Ketua Umum Jokowi Mania Nusantara (Joman) sekaligus Ketua Umum Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer menanggapi pidato Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Puncak Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi di GBK Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Jokowi secara tegas mengungkapkan bahwa Indonesia ke depan membutuhkan pemimpin dengan sejumlah kriteria. Salah satunya bahwa pemimpin yang dibutuhkan Indonesia saat ini, salah satunya adalah pemberani.

Immanuel menilai, kriteria pemberani yang disebut Jokowi mengarah kepada sosok Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Dia sangat meyakini, kriteria pemimpin yang pemberani melekat pada kepribadian Prabowo.

"Bahwa kriteria pemimpin Indonesia harus berani dan memiliki keberanian adalah Prabowo Subianto," ujar dia dalam keterangannya, dikutip Senin (15/5/2023).

"Jelas, tegas dan lugas bahwa Prabowo Subianto adalah seorang pemimpin yang berani menghadapi situasi apapun demi rakyat, bangsa dan negara," sambung Immanuel.

Baca Juga: Isi Lengkap Pidato Jokowi di Musra, Singgung Pemimpin Pemberani RI

3. Jokowi sebut Indonesia butuh pempin yang berani

Musra Anggap Wajar Pemimpin Berani Ala Jokowi Diklaim Sinyal Buat PrabowoJokowi saat menghadiri acara puncak Musra di Istora Senayan, Minggu (14/5/2023) (IDN Times/Amir Faisol)

Presiden Joko “Jokowi” Widodo menghadiri Puncak Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Istora, Senayan, Jakarta Pusat. Dia pun mengungkapkan sejumlah kriteria pemimpin yang diharapkan bagi Indonesia di masa yang akan datang.

Menurut Jokowi bangsa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang berani saat mengambil keputusan. Selain itu, pemimpin yang diharapkan itu adalah sosok yang memahami kekuatan negara ini.

“Rakyat kita rakyat Indonesia butuh pemimpin yang tepat butuh pemimpin yang benar, yang dekat dengan rakyat,” kata dia, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/3/2023).

“Yang paham hati rakyat, yang tahu kebutuhan rakyat, yang mau bekerja keras untuk rakyat. Itu yang dibutuhkan. Dan pemberani yang berani, pemberani demi rakyat,” sambungnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya