PAN Daftarkan Bacaleg ke KPU, Sempat Ada Insiden Saling Dorong  

"Yang bisa tunjukkan kartu identitas dari KPU boleh masuk."

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (12/5/2023).

Pantauan IDN Times di lokasi, rombongan PAN tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WIB. Massa dari PAN tiba dengan marching band.

Kemudian tampak pula sejumlah jajaran petinggi PAN, seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, dan lainnya.

Massa yang hadir di depan gerbang KPU sempat terlibat adu mulut dengan pasukan Pengamanan Dalam (Pamdal) KPU, Jagat Saksana. Hal itu karena KPU membatasi perwakilan dari PAN yang melakukan pendaftaran ke dalam Gedung KPU. Bahkan beberapa personel Pamdal KPU dan massa dari PAN sempat adu dorong.

"Ada aturannya, ada batasan yang ke dalam, cuma beberapa perwakilan saja. Yang bisa tunjukkan kartu identitas dari KPU boleh masuk," kata salah satu personel Jagat Saksana.

Atas aksi tersebut, rombongan petinggi PAN sempat kesulitan masuk ke dalam gedung KPU. Kemudian Zulkifli Hasan sempat protes ke aparat keamanan yang berjaga. Dia menegaskan, kedatangan PAN ke Kantor KPU RI hanya untuk meramaikan kontestasi politik pendaftaran bacaleg, bukan berdemo.

Pria yang akrab dipanggil Zulhas itu mengimbau agar pengamanan yang dilakukan tak disertai kekerasan.

"Ini kan orang-orang baik-baik yang datang, bukan mau demo, bukan ngamuk, jadi gak boleh (ada kekerasan). Ini kan bunga-bunga demokrasi, orang datang nyanyi-nyanyi," ucap Zulhas kepada awak media di lokasi.

Lebih lanjut, Zulhas menjelaskan pendaftaran bacaleg dilakukan pada 12 Mei 2023 sesuai dengan nomor urut PAN sebagai parpol peserta pemilu.

"PAN hari ini Jumat penuh berkah, PAN nomor 12 siap mengikuti konstestasi Pemilu sepenuh hati sepenuh jiwa sepenuh pikiran," imbuh dia.

Baca Juga: Partai Ummat Daftarkan 580 Bacaleg ke KPU, Separuhnya Eks Kader PAN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya