Perang Bintang Caleg Dapil Jabar I, Ada Giring hingga Melly Goeslaw

Dapil di Provinsi Jabar dapat alokasi 91 kursi DPR

Jakarta, IDN Times - Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) I jadi salah satu dapil dengan persaingan ketat karena diisi calon legislatif (caleg) yang merupakan figur terkenal.

Adapun Dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Berdasarkan data dari laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dapil Jabar I diisi oleh sejumlah calon anggota legislatif dengan latar belakang artis, politisi, pemuka agama, dan nama terkenal lainnya.

Baca Juga: Dari Rano Karno hingga Hary Tanoe Nyaleg, Banten III Jadi Dapil Neraka

1. Dapil Jabar I dapat jatah tujuh kursi DPR RI

Perang Bintang Caleg Dapil Jabar I, Ada Giring hingga Melly GoeslawIlustrasi anggota legislatif dipilih lewat Pemilihan Legislatif (Pileg) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Provinsi Jawa Barat mendapat jatah 91 kursi di DPR RI. Jumlah itu dipecah berdasarkan 11 dapil di Jabar.

Alokasi kursi paling banyak dipegang Dapil Jabar II, VII, dan XI. Ketiga dapil itu mendapat jatah 10 kursi.

Lalu, Dapil JAbar III, V, dan VIII, mendapat sembilan kursi DPR RI. Sedangkan, Jabar IX memperoleh delapan kursi. Dapil Jabar I dan X masing-masing mengantongi tujuh kursi.

Dapil Jabar IV dan VI merupakan wilayah yang memiliki jatah kursi paling sedikit, yakni masing-masing enam kursi.

Baca Juga: Adu Kuat di Dapil Jakarta I: Ada Menpora Dito hingga Eko Patrio

2. Ada Melly Goeslaw hingga Giring Nidji

Perang Bintang Caleg Dapil Jabar I, Ada Giring hingga Melly GoeslawGedung DPR RI (IDN Times/Kevin Handoko)

Figur terkenal yang maju di Dapil Jabar I di antaranya, penyanyi Melly Goeslaw dari Partai Gerindra dan Marcellius Kirana Hamonangan atau Marcell dari PDIP. Ada pula mantan vokalis band Nidji yang saat ini menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumary dan istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

Putri keempat Hary Tanoesoedibjo, Clarissa Tanoesoedibjo, juga mencalonkan diri melalui Dapil Jabar I. Dia maju lewat Partai Perindo.

Baca Juga: Caleg Petahana hingga Menteri Berebut 7 Kursi di Dapil DKI Jakarta II

3. Ada sejumlah caleg petahana

Perang Bintang Caleg Dapil Jabar I, Ada Giring hingga Melly GoeslawGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Dapil Jabar I juga diramaikan dengan sejumlah petahana seperti Sodik Mudjahid dari Partai Gerindra, Nurul Arifin dari Partai Golkar, Agung Budi Santoso dari Partai Demokrat, dan Junico Bp Siahaan dari PDIP yang juga merupakan mantan pembawa acara.

Kemudian, petahana lainnya ialah artis yang juga politikus NasDem yaitu Muhammad Farhan dan Joice Priatman.

Petahana dari PKS ialah Ledia Hanifa Amaliah. Selain itu, ada pula nama Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Haru Suandharu yang maju Pileg DPR RI dari Jabar I.

Lebih lanjut, pengacara kontroversi Farhat Abbas juga maju melalui Dapil Jabar I dari PKN dan putra politikus senior PAN Hatta Rajasa, M Rasyid Rajasa.

Dari PKB, caleg dapil Jabar I diisi oleh pemuka agama Nahdlatul Ulama (NU) Habib Syarief Muhammad Ayaldrus dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang sempat mendeklarasikan diri untuk maju pada Pilwalkot Bandung, Erwin.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya