PKS Tegaskan Duet Anies-Sandiaga di 2024 Sangat Mungkin Terwujud

Anies dan Sandiaga pernah bersama pada Pilgub DKI 2017

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terbuka terhadap peluang majunya Sandiaga Uno sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Anies Baswedan.

Anies didukung tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yakni PKS, NasDem, dan Demokrat.

"(PKS) sangat terbuka. Itu kalau memang peluang, peluangnya masih besar lah," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Relawan Amanat Indonesia Deklarasi Dukung Anies Capres 2024

1. Duet Anies-Sandiaga masih sangat terbuka

PKS Tegaskan Duet Anies-Sandiaga di 2024 Sangat Mungkin TerwujudAnies Baswedan di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pasar Minggu, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Syaikhu menilai, kemungkinan duet di Pilpres 2024 itu terbuka, jika ke depannya Anies dan Sandiaga masih merasa saling membutuhkan satu sama lain. Mengingat keduanya pernah bersama dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 silam.

"Artinya, (duet di Pilpres 2024 terbuka) kalau memang nanti Pak Sandi kemudian Pak Anies bisa chemistry," ucap dia.

Baca Juga: Daftarkan 580 Bacaleg, PKS Pastikan Keterwakilan Perempuan 35,9 Persen

2. PKS soroti hasil sejumlah lembaga survei

PKS Tegaskan Duet Anies-Sandiaga di 2024 Sangat Mungkin TerwujudMantan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sandiaga Uno (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain itu, PKS juga tak memungkiri sejumlah lembaga survei yang menyebut Anies dan Sandiaga memiliki elektabilitas tinggi. Oleh sebabnya, menurut Syaikhu, duet Anies dan Sandiaga masih terbuka lebar.

"Kemudian juga hasil analisis kita di survei juga peluang menang untuk 2024 ya, bukan hal yang mustahil mungkin kita akan usung kembali," tutur dia.

Baca Juga: PPP Jatim Pengin Sandiaga Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

3. PKS terbiasa hadapi kekuatan besar di kontestasi politik

PKS Tegaskan Duet Anies-Sandiaga di 2024 Sangat Mungkin TerwujudPKS resmi deklarasikan Anies Baswedan sebagai bacapres di 2024 (youtube.com/PKS TV)

Lebih lanjut, Syaikhu juga menanggapi pernyataan Anies yang menyebut akan melawan kekuatan besar pada Pemilu 2024. Dia menegaskan, PKS sudah terbiasa melawan kekuatan besar dalam politik.

Namun yang lebih penting, PKS harus siap menghadapi kontestasi politik dengan matang.

"Kita biasa berhadapan dengan hal-hal seperti itu, yang penting kesiapan kita untuk menghadapi berbagai kontestasi ini dengan matang, kita siap," imbuh dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya