Prabowo: Walau Bagian dari Orde Baru, Saya Mendukung Reformasi

Partai Bulan Bintang dukung Prabowo jadi capres 2024

Tangerang, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyinggung soal rekam jejak dirinya di masa Orde Baru.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutan acara Puncak Milad sekaligus deklarasi capres Partai Bulan Bintang (PBB) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (30/7/2023).

Baca Juga: Teriakan Prabowo Presiden Bergema di Puncak Milad PBB

1. Yusril jadi saksi hidup Prabowo dukung reformasi di masa orde baru

Prabowo: Walau Bagian dari Orde Baru, Saya Mendukung ReformasiPertemuan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo mengatakan, Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra jadi salah satu saksi hidup yang mengetahui rekam jejak di masa peralihan orde baru ke masa reformasi.

Prabowo mengatakan, dirinya merupakan bagian dari order baru, tetapi mendukung penuh reformasi.

"Beliau (Yusril) juga saksi Prabowo Subianto walaupun bagian dari orde baru saya pun mendukung reformasi saudara-saudara sekalian," ucap dia.

"Akhirnya kita lihat dalam sejarah di dunia saudara-saudara mungkin satu-satunya tentara yang mundur dari politik secara sukarela adalah Tentara Nasional Indonesia," lanjut Prabowo.

Baca Juga: Partai Bulan Bintang Deklarasi Dukung Prabowo Nyapres di Pemilu 2024

2. Prabowo makin semangat usai didukung PBB

Prabowo: Walau Bagian dari Orde Baru, Saya Mendukung ReformasiKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat resmikan Kantor Bappilu di kawasan Jakarta Barat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo mengucapkan terima kasih kepada Yusril karena PBB mendeklarasikan dukungan di Pilpres 2024.

Menteri Pertahanan (Menhan) itu mengaku tambah semangat dengan adanya dukungan tersebut.

"Terima kasih Pak Yusril, insting bapak jadi tambah semangat saya," tutur dia.

Baca Juga: PBB Dukung Prabowo Jadi Capres, Yusril: Lama Saya Merenungkan Hal Ini

3. Yusril sempat merenung sebelum putuskan dukung Prabowo

Prabowo: Walau Bagian dari Orde Baru, Saya Mendukung ReformasiKetua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra mengaku sempat merenung sebelum memilih mendukung Prabowo.

Dia menyebut, perenungan itu dilakukan cukup lama karena perlu mempertimbangkan segala hal.

"Lama saya memikirkan hal ini, lama merenungkan kalkulasi ini tidak semata-mata kalkulasi rasional tapi juga perhitungan batiniah yang membuat saya sampai pada kesimpulan sekali ini PBB harus memutuskan untuk mencalonkan Pak Prabowo sebagai capres," kata dia dalam sambutan di acara Puncak Milad ke-25 PBB, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (30/7/2023).

Mantan Menteri Hukum dan HAM itu menyakini, Prabowo bisa memenangkan Pilpres 2024. Prabowo merupakan sosok berpengalaman karena sudah maju di tiga pilpres sebelumnya.

"Insyaallah sekali ini setelah Prabowo maju 2014, mungkin 2019 beliau belum memenangkan tapi kali ini insyaallah dengan dukungan PBB Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres 2024," ucap Yusril.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya