Projo Soroti Bubarnya GP Mania Bisa Menginsipirasi Relawan Ganjar Lain

Immanuel Ebenezer akan bubarkan GP Mania

Jakarta, IDN Times - Bendahara Umum (Bendum) Pro Jokowi (Projo), Panel Barus, menilai, bubarnya relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania berpotensi menginspirasi relawan pendukung Ganjar lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Panel awalnya mempertanyakan keputusan Ketua Umum (Ketum) GP Mania, Immanuel Ebenezer. Menurut dia, hal itu jadi evaluasi dalam mengambil keputusan politik.

"Ya, yang jadi pertanyaan kenapa Noel (Immanuel) membubarkan dan menarik dukungannya ke Ganjar, itu tentu jadi koreksi," ucap dia saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga: Elektabilitas Anies dan Ganjar Kalahkan Prabowo, Gerindra Tidak Risau

1. Keputusan GP Mania bubarkan diri bisa inspirasi pendukung lain

Projo Soroti Bubarnya GP Mania Bisa Menginsipirasi Relawan Ganjar LainBendahara Umum Pro Jokowi (Projo) Panel Barus (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Panel menjelaskan, keputusan Immanuel itu bisa menginspirasi relawan Ganjar lain yang merasa bernasib sama untuk kemudian membubarkan diri.

"Khawatirnya ini menginspirasi yang lain kalau ternyata kegelisahan Noel juga kegelisahan banyak orang dalam mendukung Ganjar," kata dia.

Baca Juga: GP Mania Bubar, Tak Lagi Dukung Ganjar Nyapres di 2024

2. Projo singgung soal arahan Jokowi

Projo Soroti Bubarnya GP Mania Bisa Menginsipirasi Relawan Ganjar LainBendahara Umum Projo Panel Barus (kiri) bersama Presiden Joko Widodo (dok. Projo)

Lebih lanjut, Panel menyinggung rencana pembubaran GP Mania karena tidak mematuhi arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo soal jangan terburu-buru mengambil langkah politik.

Mengingat pendiri GP Mania merupakan relawan pendukung Jokowi, yakni Jokowi Mania (Joman) yang diinisiasi Immanuel Ebenezer.

"Kalau terkait posisi tempo hari terburu-buru mendukung calon tertentu, menurut saya kesusu, tidak sesuai arahan Pak Jokowi, yang disampaikan rakernas lima di Borobudur," kata dia.

Panel menyoroti keputusan Immanuel Ebenezer yang terburu-buru mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar. Namun dia tak memungkiri, pria yang akrab dipanggil Noel itu punya kalkulasi tersendiri hingga memutuskan untuk membubarkan diri.

"Nah dia kesusu gitu, keburu-buru. Dia bentuk, langsung sprint, tiba-tiba mundur. Tapi itu hak, mungkin dia kalkulasi lain, kenapa dia tidak jadi dukung Ganjar Pranowo, punya pertimbangan," ucap dia.

"Yang pasti, dia juga mendengar arahan dari Presiden bulan Mei 2022, ojo kesusu, dia kurang patuh, udah lari sprint, napas abis. Menurut saya kurang patuh dan begitu dia lari sprint, napas habis sekarang dia mau bubarin, dia pusing sendiri," sambung Panel.

Baca Juga: Capres Jagoan Musra Jawa Tengah: Ganjar Unggul Tipis dari Prabowo

3. Rencana Ganjar Pranowo Mania membubarkan diri

Projo Soroti Bubarnya GP Mania Bisa Menginsipirasi Relawan Ganjar LainKetua Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer, memastikan membubarkan diri sebagai pendukung Ganjar Pranowo untuk maju menjadi Calon Presiden (Capres) di 2024.

"Ya pokoknya bubar," kata dia dalam keterangannya, Rabu (8/2/2023).

Ketika ditanya lebih lanjut alasan GP Mania dibubarkan, dia hanya menjelaskan bahwa pada Kamis (9/2/2023), pihaknya akan menggelar pembubaran secara resmi.

"Artinya kalau bubar tadi kan kita kita tidak dukung Ganjar lagi," ucap dia.

Diketahui, Noel juga merupakan ketua dari Relawan Jokowi Mania (Joman). Dia kemudian memutuskan mendunkung Ganjar sebagai Capres 2024 pada 2021 lalu.

Baca Juga: LSN: Prabowo Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pulau Jawa

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya