Sandiaga Ungkap 2 Tokoh yang Jadi Mentor Berpolitik

Siapa dua sosok mentor politik itu?

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengungkap dua tokoh yang dianggap sebagai mentornya dalam berpolitik.

Diketahui, Sandiaga semakin dikenal publik setelah memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Dia terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Kariernya terus melonjak hingga menjadi cawapres, mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Siapa dua sosok mentor politik Sandi?

Baca Juga: Sekjen PDIP Sebut Elektabilitas Ganjar Melejit setelah Jadi Capres

1. Sandiaga sebut Prabowo dan Jokowi sebagai mentor politik

Sandiaga Ungkap 2 Tokoh yang Jadi Mentor BerpolitikSandiaga Uno bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) IDN Times Uni Lubis dalam acara RealTalk with Uni Lubis (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sandiaga menyebut ada dua mentor politik, yakni Prabowo Subianto dan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Keduanya dianggap sebagai sosok yang mengajarkan terjun ke dunia politik hingga sekarang.

"Mentor politik (saya) Prabowo, dan lima tahun terakhir ya Pak Jokowi, ini mentor politik saya," kata dia dalam acara RealTalk with Uni Lubis di Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: PPP Jatim Pengin Sandiaga Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

2. Prabowo sebagai pemimpin dengan loyalitas tinggi

Sandiaga Ungkap 2 Tokoh yang Jadi Mentor BerpolitikPasangan calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2019 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pria yang akrab disapa Sandi ini mengatakan, dari sosok Prabowo, ia banyak belajar tentang kepemimpinan. Sandiaga sendiri sudah menjadi relasi sejak dipercaya jadi juru bicara Prabowo. Kemudian pada 2015, dia memutuskan bergabung Partai Gerindra.

"Dari Pak Prabowo ini saya tentu belajar kepemimpinan, leadership, suatu kehormatan saya bersama dengan beliau. Satu dekade, mulai jadi jubir sampai kemarin terakhir saya pamit dari Gerindra," tutur dia.

Sandiaga juga menyoroti gaya kepemimpinan Prabowo yang loyalitas setelah ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Padahal, pada Pilpres 2019, Prabowo berkompetisi dengan Jokowi.

"Pak Prabowo juga, bahwa beliau menunjukan suatu loyalitas yang luar biasa setelah kita selesai di 2019, dan saya kebetulan berada di tengah pembicaraan tersebut untuk sudah kompetisi selesai, sekarang kita kolaborasi. Bertanding selesai, kita bersanding dan bergabung mendukung pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin," katanya.

Baca Juga: PKS Tegaskan Duet Anies-Sandiaga di 2024 Sangat Mungkin Terwujud

3. Gaya kepemimpinan Jokowi dinilai dekat dengan rakyat

Sandiaga Ungkap 2 Tokoh yang Jadi Mentor BerpolitikDok. Biro Pers Kepresidenan

Mantan politikus Partai Gerindra itu juga mengklaim Jokowi jadi mentor politiknya dalam banyak hal. Sandiaga belajar dari Jokowi bagaimana menjadi pemimpin yang dekat dengan masyarakat, sehingga keberadaannya dicintai rakyat.

"Dari Pak Jokowi saya sangat mendapat suatu kepemimpinan dari contoh, dia menunjukkan kedekatannya dengan rakyat, memahami kebutuhan masyarakat, hadir di tengah masyarakat, menjawab tuntutan masyarakat, memberikan pelayanan terbaik untuk rakyat. Jadi saya melihat selama ini mungkin, pemimpin itu seperti ditunjukkan oleh pemimpin sebelumnya harus dicintai oleh rakyat," ucap dia.

Di sisi lain, Sandiaga juga mengaku salut dengan gaya kepemimpinan Jokowi yang berbasis data. Seperti fenomena jalan rusak di Lampung yang belakangan viral. Jokowi sebagai pemimpin mau turun langsung untuk memeriksa langsung keluhan masyarakat.

"Tapi yang saya lihat, misalnya, nih bicara netizen, jadi Pak Jokowi berbasis data, dia lihat datanya ini ternyata ramai sekali mengenai Lampung. Langsung ke Lampung, ditunjukkin lewat jalan sini, dia maunya ke sana (lewat jalan rusak), akhirnya kita lihat bagaimana leader in action. Menurut saya itu inspiratif ya," imbuh Sandiaga.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya