Sebut AHY Layak Jadi Cawapres Anies, SKI: Surya Paloh Bijaksana

AHY silaturahmi politik dengan Surya Paloh

Jakarta, IDN Times - Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat tanggapan positif dari pendukung Anies Baswedan yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI).

Diketahui, AHY dan Surya Paloh menggelar silaturahmi politik di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/2/2023).

Baca Juga: Elite Demokrat Jateng Kepengin AHY Dampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024

1. Jalinan komunikasi Demokrat dan NasDem makin erat

Sebut AHY Layak Jadi Cawapres Anies, SKI: Surya Paloh BijaksanaKetum NasDem Surya Paloh ke DPP Demokrat bertemu Ketum AHY (IDN Times/Melani Putri)

Organisasi yang mengkampanyekan perlunya figur pemimpin perubahan tampil di Pilpres 2024 ini menilai, pertemuan dua pucuk pimpinan parpol itu menandakan jalinan komunikasi yang semakin erat di antara kedua belah pihak.

”Di samping kesan soliditas yang kian kuat, pertemuan penting itu juga dipenuhi oleh kematangan dan kebijaksanaan dalam berpolitik,” ujar Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati dalam keterangannya, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga: Kata Surya Paloh soal AHY Jadi Cawapres Anies: Lebih dari Pantas

2. Surya Paloh matang dan bijaksana secara politik

Sebut AHY Layak Jadi Cawapres Anies, SKI: Surya Paloh BijaksanaKetum NasDem Surya Paloh (IDN Times/Aryodamar)

Jati menyatakan, pertemuan Surya Paloh dan AHY memperlihatkan sikap saling menghormati dan menghargai di antara parpol pengusung Anies Baswedan. 

Pandangan Surya Paloh bahwa AHY merupakan figur yang lebih dari pantas untuk mendampingi Anies sebagai calon wakil presiden (cawapres) dinilai menunjukkan penghormatan yang tulus dari politisi senior kepada figur pemimpin muda. Menurut dia, orang nomor satu di NasDem itu bijaksana secara politik.

”Meskipun memiliki usia muda, AHY dinilai memiliki kematangan dan kedewasaan politik. Pernyataan Pak Surya Paloh tentu bukan basa-basi politik belaka tetapi menjadi gestur komunikasi yang mencerminkan kebijaksanaan politik tingkat tinggi,” tutur dia.

Baca Juga: Didukung PKS Maju di Pilpres 2024, Anies: Banyak Rayuan dan Tekanan

3. SKI berharap koalisi NasDem, Demokrat, PKS secara resmi segera deklarasikan Anies

Sebut AHY Layak Jadi Cawapres Anies, SKI: Surya Paloh BijaksanaKetua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketum Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Jati meyakini, semakin eratnya hubungan antar pemimpin Nasdem, Demokrat, dan PKS bakal menjadi modal penting mereka dalam merajut koalisi.

Oleh karena itu, ia berharap agar mereka dapat segera mendeklarasikan secara resmi ke depan publik. 

"Kami berharap, hubungan yang makin cair dan penuh respek ini akan mempermudah Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan menentukan pasangannya," imbuh dia.

Baca Juga: PKS Resmi Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Bacapres 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya