Seminggu Kampanye, Ini Deretan Aksi Gibran yang Jadi Sorotan

Terbaru, Gibran sebut ibu hamil butuh asam sulfat

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, melakukan kampanye ke berbagai daerah. Kampanye sendiri sudah berjalan selama delapan hari, semenjak dimulai pada 28 November 2023 lalu.

Kegiatan kampanye Gibran di berbagai wilayah sering mendapat sorotan publik. Terbaru, Gibran salah menyebut bahwa seorang ibu hamil membutuhkan asam sulfat yang terkandung dalam susu.

Berikut ini sejumlah aksi Gibran saat kampanye yang menjadi pembahasan hangat publik.

Baca Juga: Gibran soal Dugaan Pelanggaran Bagikan Susu di CFD: Silakan Ditelusuri

1. Gibran bagi buku gratis ke anak-anak

Seminggu Kampanye, Ini Deretan Aksi Gibran yang Jadi SorotanGibran Rakabuming Raka sempat membagikan buku gratis ke anak-anak saat menyambangi warga di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pada hari keempat masa kampanye, tepatnya Jumat 1 Desember 2023, Gibran sempat membagikan buku gratis ke anak-anak saat menyambangi warga di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Cawapres pendamping Prabowo Subianto itu blusukan ke wilayah pemukiman padat penduduk untuk menyapa warga, sekaligus memberikan bingkisan dan berdialog, mendengarkan masukan warga. Ribuan warga serta para relawan menanti kedatangan Gibran sejak siang hari. Bahkan, warga menyiapkan yel-yel khusus untuk menyambut kedatangan Gibran yang juga merupakan Wali Kota Solo.

"Prabowo wae, Prabowo wae, Gibran wakile, Gibran wakile, Gibran wakile," demikian yel-yel yang diteriakkan warga menyambut kedatangan Gibran.

Gibran pun menyalami satu per satu warga Penjaringan yang sudah berkumpul sejak siang hari, sembari membagi-bagikan buku kepada anak-anak yang dengan antusias memanggil-manggil "Mas Gibran, Mas Gibran,"

"Singkat saja karena sudah masuk Magrib, pokoknya nanti anak-anak jangan lupa (pembagian) susunya," ujar Gibran singkat menyapa warga.

Dalam kesempatan itu, secara simbolis Gibran menyerahkan bantuan pemasangan WiFi gratis di posko pemenangan Prabowo-Gibran, yang mana WiFi gratis itu bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat.

Gibran juga secara simbolis menyerahkan bingkisan berisi susu untuk anak-anak di beberapa RT di Kelurahan Penjaringan.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memastikan akan mengusut dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Gibran karena melibatkan anak-anak.

"Bawaslu Jakarta Utara sedang melakukan kajian terhadap perihal perkara tersebut," kata anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Benny Sabdo dalam keterangannya, Selasa (5/12/2023).

Benny menjelaskan, aturan mengenai larangan kampanye melibatkan anak-anak itu terdapat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Nomor 15 Nomor 23 Tahun 2022.

"Pasal 280 ayat (2) huruf k UU 7/2017 tentang Pemilu menegaskan, larangan aktivitas kampanye yang melibatkan anak-anak. Pasal 15 huruf a UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak menyatakan, tidak boleh ada penyalahgunaan anak-anak untuk kegiatan politik," ucap dia.

Benny menyampaikan, Bawaslu siap memberikan sanksi kepada putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo apabila terbukti melanggar kampanye.

"Jika aktivitas kampanye Gibran tersebut terbukti melibatkan anak-anak, maka kita akan memberikan sanksi yang tegas," ungkap dia.

2. Gibran bagi-bagi susu gratis di CFD

Seminggu Kampanye, Ini Deretan Aksi Gibran yang Jadi SorotanCawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat bagikan susu gratis di kegiatan CFD, Jakarta Pusat (3/12/2023) (dok. Istimewa)

Gibran juga sempat memeriahkan kegiatan car free day (CFD) alias hari bebas berkendara di Jakarta Pusat. Cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu memulai start CFD dari sekitar Hotel Saripan Pasific.

Setelah berjalan hampir tiga ratus meter, rombongan Gibran yang diramaikan Pasha Ungu, Eko Patrio, Uya Kuya, Aminudin Ma'ruf, dan politisi Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sempat menikmati aksi pegiat parkour meliuk-liuk tubuhnya.

Rombongan yang menarik perhatian CFD itu berjalan ke depan Plaza Indonesia. Di sisi barat Bunderan HI, Pasha Ungu menyebut bahwa Gibran akan menyapa warga dan membagikan susu gratis.

"Mas Gibran mau bagi susu, siapa mau," kata Pasha, disambut teriakan mau dari warga yang berkerumun di hari Minggu (3/12/2023) itu.

Gibran sempat mendapat pertanyaan dari awak media yang berada di lokasi mengenai kegiatan CFD yang tak boleh untuk kegiatan politik. Wali Kota Solo itu menyebut, dirinya hanya berolahraga.

"Kami kan tidak pakai atribut," ujar Gibran dengan tangkas sambil memegang kaosnya.

Aksi Gibran bagi susu gratis juga jadi sorotan Bawaslu terkait adanya potensi pelanggaran pemilu. Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Benny Sabdo memastikan, akan menelusuri temuan tersebut.

Benny juga menuturkan, kegiatan tersebut tidak ada pemberitahuan kepada Bawaslu Jakpus.

"Bawaslu Jakpus akan mengimbau kepada Pj Gubernur DKI Jakarta. Berdasarkan Pasal 7 Pergub DKI Jakarta No 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor: Jakarta Car Free Day tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik, apalagi aktivitas kampanye," ungkap dia.

"Bawaslu Jakpus masih melakukan kajian perihal perkara tersebut," imbuh Benny.

3. Gibran sebut ibu hamil butuh asam sulfat

Seminggu Kampanye, Ini Deretan Aksi Gibran yang Jadi SorotanWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, jadi sorotan publik usai salah menyebutkan asam folat jadi asam sulfat untuk ibu hamil.

Banyak warganet menyoroti kesalahan Gibran itu, hingga mengunggahnya di akun jejaring media sosial, salah satunya di X (sebelumnya Twitter).

Diketahui, Gibran salah mengucapkan asam folat menjadi asam sulfat terjadi saat mengisi acara diskusi ekonomi kreatif di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, pada Minggu (3/12/2023).

Awalnya, dalam diskusi terbuka Gibran bersama pelaku usaha ekonomi kreatif dan influencer membahas mengenai program Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk ibu dan anak.

"Lalu ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi enggak, berat badannya, tinggi badannya oke enggak," kata Gibran dalam rekaman video.

Menyadari kesalahannya itu, putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu pun mengoreksi pernyataannya dan meminta maaf.

"Oke oke, ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya," kata Gibran saat ditemui awak media di GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023) malam.

"(Seharusnya) asam folat, sorry sorry ya, maaf, mohon dikoreksi," lanjut dia.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Jalankan Ekonomi Pancasila jika Menang Pemilu 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya