Yusril dan Megawati Duduk Satu Meja, Bahas Koalisi PBB-PDIP?

PBB jajaki pertemuan dengan PDIP bahas koalisi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, membagikan potret pertemuannya dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Afriansyah Noor meenjelaskan, pertemuan Yusril dan Megawati terjadi saat keduanya menghadiri pernikahan anak dari Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

"Jadi yang saya dapat keterangan dari Bang Yusril, momen itu saat menghadiri pernikahan, atau resepsi pesta pernikahan anaknya dari Bapak KH Nazaruddin Umar. Pak Yusril dan Ibu Mega hadir sebagai tamu undangan," kata dia saat dihubungi IDN Times, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Dear Surya Paloh, Megawati Tolak Bertemu Bila untuk Bahas Capres 2024

1. Megawati dan Yusril bahas isu kebangsaan

Yusril dan Megawati Duduk Satu Meja, Bahas Koalisi PBB-PDIP?Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra. (dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam pertemuan tersebut, Megawati dan Yusril juga kompak membahas isu-isu kebangsaan dan ketatanegaraan.

"Bertemulah di satu meja, dan mereka sempat membahas tentang Indonesia, soal ketatanegaraan," kata Afriansyah.

Baca Juga: Jalin Komunikasi Koalisi ke PDIP, PBB Tunggu Respons Megawati

2. Akan ada pertemuan khusus

Yusril dan Megawati Duduk Satu Meja, Bahas Koalisi PBB-PDIP?Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Selain itu, Yusril juga meminta kepada Megawati untuk bertemu secara khusus membahas mengenai masalah yang ada di Indonesia. Bahkan pertemuan keduanya, saat ini sedang dalam penjajakan dan tengah diatur Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Dalam hal ini Pak Yusril minta waktu untuk bertemu khusus sebagai pimpinan partai terbesar untuk berdiskusi tentang ketatanegaraan, masalah hukum yang berkaitan dengan Indonesia saat ini. Sedang diatur waktunya oleh Sekjen PDI Perjuangan Mas Hasto," kata Afriansyah.

Sementara, Wakil Ketua Umum PBB, Dwianto Ananias mengatakan, Yusril dan Megawati juga akan segera bertemu untuk membahas koalisi.

"Sebetulnya sudah ada agenda pertemuan dengan Bu Mega," kata Dwianto menjelaskan.

Senada dengan hal tersebut, Yusril dalam caption unggahannya juga menjelaskan Megawati meminta kepada Hasto mengatur waktu pertemuan. 

Pertemuan antara Megawati dan Yusril akan digelar dalam waktu dekat.

"Bu Mega minta Pak Hasto, Sekjen PDIP, atur pertemuan bahas masalah-masalah ketatanegaraan yang kita hadapi," ucap Yusril.

Baca Juga: Kaesang Pakai Kaos Gambar Puan Maharani, Sudah Masuk PDIP Nih?

3. PDIP dan PBB bahas koalisi, duet Puan-Yusril pada Pilpres 2024 mencuat

Yusril dan Megawati Duduk Satu Meja, Bahas Koalisi PBB-PDIP?Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara AOTS Japan dan Binawan Group di Binawan University Main Hall Jakarta, Rabu (29/6/2022). (Dok. Kemnaker)

Sebelumnya, Hasto dan Afriansyah menggelar pertemuan tertutup di sekitar kawasan Menteng Jakarta Pusat pada Rabu, 25 Januari 2023.

Sekjen PBB, Afriansyah Noor, mengatakan pertemuan tersebut membahas soal kebangsaan dan kemajuan bangsa. Tak luput juga tentang rencana koalisi yang akan dibangun antara PDIP dan PBB. 

“Kami (PBB dan PDIP) memiliki kesamaan visi dalam membangun bangsa dan negara," kata Afriansyah Noor dalam keterangannya pada Kamis, 26 Februari 2023.

Dalam kesempatan itu, Afriansyah mengaku realistis mengusulkan Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra sebagai cawapres.

"PBB realistis saja mengusulkan calon wakil presiden, Prof Yusril Ihza Mahendra kepada PDIP yang mana nanti akan di pasangkan dengan siapapun kami akan menerimanya,” kata dia.

Baca Juga: PDIP dan PBB Bahas Koalisi, Duet Puan-Yusril pada Pilpres 2024 Mencuat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya