Comscore Tracker

Dipilih Secara Demokratis, Mantan Pesepak Bola Jadi Presiden Liberia

Wah, pemilihan ini bersejarah...

Liberia, IDN Times - Mantan pemain sepak bola internasional, George Weah kini resmi menjabat sebagai Presiden Liberia. Prosesi pelantikan berjalan Senin (22/1/2018). Pelantikan ini menjadi bersejarah. Karena ini adalah kali pertama pergantian kepemimpinan di Liberia secara demokratis sejak tahun 1944.

1. George Weah bersama Presiden Liberia terdahulu, Ellen Johnson Sirleaf berbincang sebelum pelantikan

Dipilih Secara Demokratis, Mantan Pesepak Bola Jadi Presiden Liberiabbc

Dikutip dari BBC, Weah berterimakasih kepada pemimpin sebelumnya, Ellen Johnson Sirleaf yang dinilai telah berhasil membawa kedamaian untuk Liberia setelah beberapa tahun digoyang perang saudara. Weah menilai, Ellen telah berhasil membangun pondasi yang kuat untuk kemajuan Liberia.

2. Dalam pidato pertamanya sebagai Presiden Liberia, Weah memprioritaskan pemberantasan korupsi dan pengupahan layak bagi PNS.

Dipilih Secara Demokratis, Mantan Pesepak Bola Jadi Presiden Liberiabbc

Pada pidato pelatikannya, Weah tidak bisa menjanjikan perubahan cepat di Liberia. Namun ia akan berupaya untuk melakukan perubahan yang stabil untuk menuju kemajuan Liberia. Satu prioritas terbesar Weah adalah melawan korupsi dan membayar para pegawai negeri sipil dengan upah yang layak.

Selain itu, Weah akan menunjukkan pada pihak swasta jika Liberia terbuka untuk investasi.

3. Pelantikan Weah ini disambut gembira oleh Warga Liberia

Dipilih Secara Demokratis, Mantan Pesepak Bola Jadi Presiden Liberiabbc

Puluhan ribu masyarakat mendatangi pelantikan George Weah sebagai Presiden Liberia di Samuel Doe Stadium di Monrovia. Presiden Weah mengambil sumpah jabatan di depan sekitar 35 ribu warga dan tamu undangan. 

"Saya menghabiskan waktu saya di  stadium. Tapi saya tidak pernah merasakan hal ini," ujar Weah dalam pidatonya dikutip dari CNN.

4. Weah menjadi Presiden Liberia setelah mengalahkan wakil presiden Joseph Boakai dalam Pilpres akhir Desember lalu

Dipilih Secara Demokratis, Mantan Pesepak Bola Jadi Presiden Liberiabbc

Weah memenangkan lebih dari 60 persen suara dan mengalahkan Wakil Presiden Liberia incumbent, Joseph Boakai pada pemilihan 26 Desember lalu. Bukan hanya warga. Sederet mantan bintang sepak bola hadir dalam pelantikan itu. Sebut saja Didier Drogba, mantan pemain Chelsea.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya