Ratu Elizabeth II Telah Dimakamkan, Dampingan dengan Pangeran Philip

Pemakaman digelar secara tertutup

Jakarta, IDN Times - Jenazah Ratu Elizabeth II telah dimakamkan di Kapel St George, Kastil Windsor, London. Jenazah sang Ratu berdampingan dengan jenazah suaminya, Pangeran Philip yang meninggal tahun lalu.

"Semoga penerbangan malaikat menyanyikanmu untuk istirahatmu. Untuk mengenang Yang Mulia Ratu. 1926-2022," tulis akun Twitter resmi Keluarga Kerajaan Inggris, Selasa (20/9/2022).

1. Ratu Elizabeth II dimakamkan dalam upacara pribadi

Berbeda dengan iring-iringan dari Westminster ke Windsor, upacara pemakaman ini tak memperbolehkan masyarakat umum untuk melihat.

Upacara hanya dihadiri oleh Raja Charles, Permaisuri Camilla, anggota keluarga kerajaan, dan para pekerja di kerajaan.

Jenazah Ratu dikebumikan tepat pada pukul 19.30 malam waktu setempat atau dini hari waktu Indonesia.

Baca Juga: Kaisar Jepang dan Permaisuri Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

2. Dubes RI di Inggris wakili pemerintah beri penghormatan terakhir

Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya mendapat kesempatan langka mewakili pemerintah Indonesia dan juga rakyat Indonesia menghadiri proses “Lying-in-State”, memberi penghormatan terakhir kepada jenazah Ratu Elizabeth II.

Dubes Desra didampingi oleh istrinya, Sari Percaya, hadir di Westminster Hall, pada Minggu (18/9/2022), pagi hari, waktu setempat.

Menurut unggahan Desra di akun Instagramnya, Desra dan istrinya diizinkan menyampaikan penghormatan dari podium khusus, sesuai dengan protokol Istana.

“Sejumlah undangan mulai dari kepala negara dan pemerintahan, keluarga kerajaan, menteri, pejabat tinggi, dan duta besar negara sahabat, juga telah berada di London untuk mengikuti rangkaian kegiatan penghormatan,” tulis Desra.

Baca Juga: Ribuan Orang Saksikan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II 

3. Terpasang sejumlah layar besar untuk menyiarkan prosesi pemakaman

Suasana di London sendiri, khususnya di sekitar Palace of Westminster dan Westminster Abbey, sangat padat, terutama saat peti jenazah Ratu masih berada di gedung itu.
 
Banyak jalan yang ditutup serta siaran langsung prosesi tersedia di Youtube dan di berbagai tempat publik.
 
Di Hyde Park sendiri juga sudah terpasang layar besar untuk warga bisa menyaksikan rangkaian prosesi sejak hari Minggu kemarin yaitu penghormatan terakhir.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya