[OPINI] Manusia, Makhluk Paling Beruntung di Dunia

Masih mau mengeluh?

Mungkin sebagian dari kamu paham atau sekadar mengetahui bahwa manusia merupakan makhluk yang paling beruntung jika dibandingkan dengan makhluk lain. Apa sih alasannya? Sebenarnya alasan untuk pernyataan itu cukup banyak. Tetapi, di artikel ini hanya salah satu alasan yang dibahas adalah pilihan.

Di dunia ini, sadar atau enggak sadar manusia dihadapkan oleh yang namanya pilihan. Sangat banyak contoh pilihan dalam hidup. Bahkan kita sebagai manusia bebas untuk memilih pilihan yang ada. Pilihan juga datang kepada kita hampir setiap waktu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi manusia adalah makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Sedangkan definisi pilihan adalah yang dipilih atau hasil memilih. Jika kedua definisi tersebut dikaitkan, manusia berakal budi sehingga mampu dan bebas untuk memilih pilihan dalam hidupnya.

Lantas, apa yang membuat manusia paling beruntung di antara makhluk yang lain? Disebutkan dalam definisi manusia di atas bahwa manusia mampu menguasai makhluk lain. Makhluk lain pun tunduk kepada manusia karena mereka tidak berakal budi sehingga mereka tidak mampu memilih pilihan dalam hidup.

Mungkin sebagian dari pembaca masih bingung mengapa pilihan yang membuat manusia beruntung. Padahal, kita sebagai manusia sering dibuat pusing karena pilihan yang ada. Coba bayangkan kalau manusia tidak mampu memilih pilihan dalam hidup. Apakah kita bisa menghadapi masalah dan menjalani hidup tanpa pilihan? Justru pilihan lah yang membuat masalah teratasi dan kita bisa menjalani hidup

Bagaimana pilihan bisa membuat masalah teratasi? Cara mengatasi masalah ada banyak sekali pilihannya. Kemudian, kita sebagai manusia memilih salah satu di antara pilihan tersebut dan dapat mengatasi masalah tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah dapat teratasi karena pilihan yang ada.

Kesimpulannya, kita harus lebih bersyukur karena kita berakal budi dan mampu memilih yang terbaik di antara pilihan yang ada dalam hidup. Kita juga bisa memilih jalan hidup yang kita inginkan. Selalu bersyukur dan tetap semangat! 

Baca Juga: [OPINI] Belajar Hanya untuk Pelajar?

Riffat Akmal Ramadhan Photo Writer Riffat Akmal Ramadhan

Pelajar sekaligus penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya