Comscore Tracker

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutal

Bukan masalah sadisnya, tetapi masalah caranya yang unik

Dunia hewan adalah dunia yang kejam. Mereka dituntut untuk saling berburu satu sama lain, sesuai rantai makanan, dan tentu saja ada beragam cara demi memenuhi hal tersebut. Berikut ini ada beberapa hewan yang cara berburunya bisa terbilang brutal karena berbagai hal.

1. Komodo

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling BrutalYouTube.com/Sky Animals

Sebagai kadal terbesar yang ada, bersaing dengan buaya, komodo tidaklah membunuh mangsanya dengan gigitan mematikan. Dia hanya melukainya saja. Namun dalam luka itu terdapat beragam bakteri mematikan yang melumpuhkan mangsa dan nantinya berakhir dimakan hidup-hidup oleh sang kadal.

2. Elang emas

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalnationalgeographic.com

Dengan cakarnya yang kuat dan paruhnya yang kokoh, elang emas mampu menyambar berbagai rupa mangsa yang berukuran lebih kecil darinya. Tapi benarkah seperti itu? Ada video viral di YouTube yang mana elang emas ini menyambar kambing, mengangkatnya lalu membunuhnya dengan cara dijatuhkan.

3. Belut listrik

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalthoughtco.com

Belut listrik bisa diibaratkan sebagai pembawa kematian dalam bentuk kursi listrik di dunia hewan. Ketika bertemu korbannya, belut ini akan langsung menyengat mangsanya dengan tegangan listrik yang tinggi, membuat mangsanya jatuh pingsan bahkan langsung mati.

4. Deinopidae

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalblog.csiro.au

Laba-laba ini punya cara berburu yang berbeda ketimbang laba-laba lainnya. Deinopidae tidak membuat sarang, melainkan rajutan dari jaring. Nantinya ketika ada mangsa yang mendekati, laba-laba ini akan langsung menangkap korban itu dengan rajutannya.

5. Ikan katak

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalbritannica.com

Ikan ini sama sekali tidak ada cantik-cantiknya. Bentuknya jelek atau malahan terbilang unik. Namun demikian ikan katak adalah pemburu yang hebat karena memiliki kemampuan mimikri.

Salah satu bagian tubuhnya akan dibuat seperti cacing yang mengundang perhatian mangsanya. Saat sang mangsa mendekat, maka ikat katak akan langsung melahapnya.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

6. Burung sekretaris

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalanimalsplanet.net

Cantik, tapi mematikan. Burung sekretaris memiliki kuku besar yang kuat dan mampu membunuh lawannya dengan tendangan dan sobekan yang ditimbulkan.

Beruntung kebanyakan mangsa dari burung cantik ini adalah ular sehingga manusia tidak terancam bahaya. Walau demikian, jangan berbuat ulah dengan burung sekretaris.

7. Margay

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalfi.pinterest.com

Margay mungkin tidak sebesar kucing saudaranya macam singa atau harimau. Akan tetapi margay memiliki tingkat keberhasilan perburuan yang cukup tinggi karena adanya kemampuan untuk mengeluarkan suara.

Suaranya menyerupai suara monyet. Ini diprediksi merupakan cara berburunya untuk mengundang mangsanya.

8. Ikan pemanah

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalblog.nationalgeographic.org

Jika kamu mencari penembak jitu di alam, maka itu adalah ikan pemanah. Walau berada di dalam air, ikan pemanah mampu melumpuhkan mangsanya yang berada di darat dengan menembakkan peluru air.

Peluru ini cepat, membuatnya bisa melumpuhkan serangga makanannya. Yang mengerikan adalah keakuratannya mengingat ada titik bias di dalam air dengan di luar air.

9. Glowworm

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutalnationalgeographic.com

Inilah yang menjadi penyebab beberapa area di Selandia Baru bisa menyala di malam hari dan tampak begitu indah. Akan tetapi glowworm yang memiliki bioluminiscence ini ternyata punya tujuan sebagai alat berburu.

Cahayanya menarik banyak perhatian serangga dan serangga yang terlalu dekat akan menempel akibat jaring glowworm. Satu fakta unik lagi: walau namanya glowworm, dia sebenarnya semacam serangga.

10. Lumba-lumba hidung botol

10 Hewan dengan Kemampuan Berburu yang Paling Brutaloceana.or

Lumba-lumba adalah makhluk hidup laut kawan manusia. Perlu kamu ketahui saja, dalam hal perburuan ternyata lumba-lumba hidung botol bergerak secara berkelompok dan memaksa buruannya keluar dari sarang dengan jaring lumpur. Nantinya ikan-ikan makanan itu akan meloncat keluar dan lumba-lumba hidung botol akan menunggu ikan untuk meloncat ke mulut.

Bisa kamu lihat sendiri bagaimana sebagian besar hewan yang punya cara berburu brutal ini malah bukan hewan buas. Itu artinya penampilan bisa menipu.

Bukankah itu seperti manusia? Terkadang ada yang penampilannya biasa saja, ternyata di baliknya mengerikan. Benar begitu?

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Otak Hewan, Gak Semua Hewan Punya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya