Comscore Tracker

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkan

Kalau dapat pekerjaan menerjemahkan teks ini, tolak saja

Apakah kalian pernah membaca karya William Shakespeare? Karyanya merupakan karya sastra Inggris lama. Sebagian besar dari kalian pasti tidak paham dengan apa yang dituliskan, mengingat teksnya dituliskan dengan gaya bahasa Inggris lama yang tidak pernah dipakai oleh siapa pun saat ini.

Akan tetapi karya-karya Shakespeare bukanlah teks paling mencengangkan di dunia ini. Ada beberapa teks lain di luar buatan penyair terkenal tersebut yang malahan tidak dipahami oleh semua orang, bahkan mereka yang pintar.

Alasannya banyak: ada yang ditulis dengan alfabet unik, ada yang berbentuk kode, ada yang susunan kalimatnya tidak jelas. Berikut ini adalah teks-teks dunia yang masih menjadi misteri hingga sekarang.

1. Codex Seraphinianus

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkangrapheine.com

Codex Seraphinianus berisikan gambar-gambar sureal dan tulisan asing yang bikin orang gagal paham. Bahkan Codex Seraphinianus diakui sebagai ensiklopedia paling aneh yang ada di dunia. 

2. Book Of Soyga

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanid.pinterest.com

Cendekiawan John Dee menemukan suatu manuskrip yang menggugah hatinya. Manuskrip itu terdiri lebih dari 40 ribu kata dan diatur dengan susunan yang tidak masuk akal. Sebanyak 36 halaman terakhirnya tidak pernah mampu dia terjemahkan dan dikatakan malaikat pun juga tidak mampu membantunya, lantaran buku itu sudah ada sejak zaman Adam.

3. Rohonc Codex

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanmanuscript-cultures.uni-hamburg.de

Salah satu buku paling misterius di dunia ini. Tidak ada yang tahu dari mana datangnya buku ini dan begitu pula apa yang ditulisnya. Alasan utama mengapa tidak ada yang paham mengenai Rohonc Codex adalah karena alfabetnya yang aneh dan tidak mirip dengan tulisan budaya manapun.

4. Smithfield Decretals

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanflashbak.com

Ini adalah kanon yang dibentuk pada masa pemerintahan Paus Gregory IX. Di balik misi keagamaannya, manuskrip ini dirasa aneh karena memberikan gambar-gambar yang bengis. Mulai dari kelinci yang memenggal manusia, angsa yang menggantung serigala dan lain hal.

5. Plat magis Faust

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanngv.vic.gov.au

Di plat ini terdapat teks misterius yang sangat susah dipecahkan. Dipercaya teks yang terdapat dalam plat ini merupakan anagram, namun anagram dari apakah itu, tak seorang pun yang tahu.

Baca Juga: 5 Tempat Paling Misterius di Dunia Selain Segitiga Bermuda, Hati-hati

6. Cicada 3301

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkantwiggietruth.wordpress.com

Tidak datang dari zaman bahula, teks ini muncul pada pertengahan dekade 2010. Cicada 3301 merupakan enskripsi data paling kompleks yang pernah ada. Ditulis dalam gaya rune, setengah bagian awal teks ini berhasil dipecahkan, namun sisanya masih menjadi misteri hingga sekarang.

7. A Journal to Stella

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanamazon.in

Ini adalah surat yang dikirimkan penulis Jonathan Swift kepada sahabatnya Esther Johnson. Dipercaya surat yang ditulis dengan fonetik tak jelas ini merupakan kode yang hanya diketahui oleh Esther. Tidak ada satu pun yang benar-benar bisa memahami teks ini.

8. Copious Masonic Mnemonics

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanabebooks.com

Ada sebuah buku dari 1860 bernama “Written Mnemonics: Illustrated by Copious Examples From Moral Philosophy, Science, and Religion.” Buku ini dipercaya merupakan teka-teki yang berhubungan dengan organisasi rahasia Freemason. Ada yang mengatakan buku ini berisikan sejarah dari perang saudara, ada pula yang mengatakan semacam ritual.

9. The Beale Papers

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanmysteriouswritings.com

Teks ini hanya berupa angka, tetapi angka-angka tersebut merupakan kode lokasi untuk menemukan harta tersembunyi Thomas J. Beale. Terdiri dari tiga bagian ciphertexts, bagian pertama telah berhasil dipecahkan. Namun dua bagian lainnya masih terus menjadi misteri.

10. Dancing Lessons for the Advanced in Age

Tetap Misterius, 10 Teks Kuno Ini Tidak Pernah Berhasil Diterjemahkanebay.com

Sebenarnya ini tidak ada apa-apanya dibandingkan teks lain di daftar ini. "Dancing Lessons for the Advanced in Age" merupakan karya sastra dari penulis Ceko, Bohumil Hrabal. Karya ini berupa satu kalimat panjang.

Yang mencengangkan adalah satu kalimat itu mencapai 128 halaman dan tak berhenti sekalipun. Silakan coba diterjemahkan dalam bahasa sini jika kalian mampu hanya dengan satu kalimat.

Dibayar berapa pun, jika kamu disuruh untuk menerjemahkan teks-teks ini, sebaiknya tolak saja. Semahal apa pun biayanya kalau itu berakhir tidak pernah kamu selesaikan seumur hidupmu, apa gunanya. Toh kamu juga tidak akan mendapatkan bayaran itu bukan? 

Baca Juga: 7 Fakta Naskah Kuno Islami yang Ditemukan di Surau-surau Sumbar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya