Comscore Tracker

Jarang Ada yang Tahu! 5 Fakta Menarik Seputar Ten Commandments 

Ternyata ada banyak fakta dibalik sepuluh perintah Tuhan lo!

Dilansir britannica.com the ten commandments atau sepuluh perintah merupakan daftar ajaran agama yang diwahyukan Tuhan kepada Musa di Gunung Sinai dan diukir pada dua loh batu. Pada konsepsinya, ten commandments ini memegang peranan penting dalam ajaran Yahudi dan Kristen.

Pada perjalannanya, the ten commandments atau sepuluh perintah Tuhan ini memiliki fakta-fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut adalah 5 fakta menarik seputar ten commandments atau sepuluh perintah Tuhan!

1. Ten commandments adalah elemen paling abadi dalam budaya barat 

Jarang Ada yang Tahu! 5 Fakta Menarik Seputar Ten Commandments ilustrasi kitab-kitab agama Yahudi. (unsplash.com/ Robert Anasch)

Sepuluh perintah Tuhan ini merupakan dokumen keberagamaan yang kehadirannya diyakini berasal dari Tuhan langsung menurut penganut agama Yahudi dan Kristen. Pada laporan yang diterbitkan biblestudymagazine.com sepuluh perintah Tuhan merupakan salah satu elemen paling abadi dari Alkitab dan pandangan dunia Yahudi-Kristen di budaya barat.

2. Mulanya ten commandments diturunkan sebagai pembeda bangsa Israel dengan bangsa lain 

Jarang Ada yang Tahu! 5 Fakta Menarik Seputar Ten Commandments ilustrasi pemuda yahudi sedang beribadah. (unsplash.com/Joshua Sukoff)

Dilansir worldhistory.org apa yang diterima Musa di Gunung Sinai atau Gunung Horeb pada dasarnya merupakan konstitusi untuk bangsa Israel. Ini termasuk elemen yang akan membedakan mereka dari negara lain seperti bentuk ibadah yang berbeda dimana pengorbanan hanya dipersembahkan kepada Tuhan Israel, penampilan fisik yang berbeda seperti sunat, hukum makanan yang berbeda, dan satu hari yang dikhususkan untuk Tuhan (hari Sabat).

3. Selain sebagai perintah, ten commandments dipandang sebagai teguran Tuhan untuk bangsa Israel 

Jarang Ada yang Tahu! 5 Fakta Menarik Seputar Ten Commandments ilustrasi ibadah ratapan. (unsplash.com/ Thomas Vogel)

Sebuah laporan yang berjudul “The Ten Commandments” dalam jurnal The Christian Science Journal sepuluh Perintah adalah teguran yang paling keras terhadap bangsa Israel untuk mengingatkan mereka agar mencapai keadaan yang lebih baik. Hal ini sebagai pengingat bangsa Israel untuk senantiasa beribadah kepada Tuhan dengan tulus dan taat dengan janji serta konsekuensi yang jelas.

4. Hari Sabat memiliki jangkauan paling luas dan paling signifikan dalam ten commandments 

Jarang Ada yang Tahu! 5 Fakta Menarik Seputar Ten Commandments ilustrasi ayah dan anak yahudi sedang beribadah. (unsplash.com/Anton Mislawsky)

Laporan dalam Mosaic Magazine tahun 2013 menyebutkan bahwa di antara semua pernyataan dalam Dekalog, pernyataan tentang hari Sabat adalah yang paling luas jangkauannya dan paling signifikan. Hal ini karena pernyataan itu membahas masalah waktu dan perhitungannya dengan detail seperti pekerjaan dan istirahat, serta hubungan manusia dengan Tuhan, dunia, dan sesama manusia.

5. Konsep bernegara, bertetangga, dan kemanusiaan memiliki porsi yang banyak dalam ten commandments 

Jarang Ada yang Tahu! 5 Fakta Menarik Seputar Ten Commandments ilustrasi kitab keluaran atau exodus. (unsplash.com/Brett Jordan)

Dilansir aei.org dalam ten commandments terdapat larangan untuk membunuh, melakukan perzinahan, mencuri, mengucapkan saksi dusta tentang sesama manusia, mengingini rumah orang lain, mengingini istri orang lain, mengingini hambanya, hamba perempuannya, lembunya, keledainya, atau apa pun milik orang lain atau tetangga. Meski begitu dekalog bukanlah kode hukum dan melampaui hukum yang ada.

Itulah lima fakta menarik mengenai sepuluh perintah Tuhan yang diajarkan bagi bangsa Yahudi. Fakta-fakta di atas merupakan sebagian kecil dari fakta-fakta menarik lainnya mengenai ten commandments atau sepuluh perintah Tuhan yang dikenal dengan dekalog suci.

Baca Juga: 18 Ayat Firman Tuhan tentang Berdoa dalam Agama Kristen

Ahmad Rifai Yusuf Photo Verified Writer Ahmad Rifai Yusuf

Tajam menganalisa, senyap menulis, dan bergerak menyebar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya