Comscore Tracker

5 Fakta Unik Oarfish, Ikan Ini Diduga Jadi Tanda Bencana saat Terlihat

Benarkah Oarfish di pinggir pantai, pertanda bencana?

Baru-baru ini, oarfish tidak sengaja "tertangkap" di Indonesia dan menghebohkan warganet. Bagaimana tidak, banyak yang percaya bahwa kemunculan oarfish adalah tanda bencana yang akan segera datang. Apakah benar begitu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta tentang oarfish yang perlu kamu tahu!

1. Oarfish adalah ikan bertulang paling panjang di dunia

5 Fakta Unik Oarfish, Ikan Ini Diduga Jadi Tanda Bencana saat Terlihatphilnews.ph

Beberapa laporan mencatat pernah menemukan ikan ini dengan panjang hingga 50 kaki (atau sekitar 15,24 meter), dan dengan berat 600 pon (atau sekitar 272 kilogram). Karena bentuk tubuhnya yang berkelok-kelok, ikan ini sering mendapat julukan ikan pita.

Dilansir dari nationalgeographic.com, tidak seperti kebanyakan ikan bertulang lainnya, oarfish tidak memiliki sisik. Sebaliknya, mereka memiliki lapisan kulit dari bahan yang disebut guanin. Meskipun mereka beradaptasi untuk bertahan hidup di bawah tekanan tinggi kedalaman laut, pada permukaan laut, kulit mereka tergolong lembut dan mudah rusak.

2. Oarfish sejak dulu dipercaya menjadi bukti legenda ular laut atau kisah monster laut

5 Fakta Unik Oarfish, Ikan Ini Diduga Jadi Tanda Bencana saat Terlihatohfact.com

Dilansir dari usa.oceana.org, oarfish memiliki bentuk yang dianggap sangat aneh dibandingkan ikan pada umumnya. Sehingga kemunculannya di hadapan manusia dianggap sebagai gambaran bahwa legenda kuno ular laut dan monster laut benar adanya. Padahal memang ikan ini merupakan hewan yang hidup di laut dalam.

Seekor oarfish mungkin terlihat seperti monster laut yang menakutkan, tapi menurut para ilmuwan, ikan ini tidak dianggap membahayakan bagi manusia atau pelaut. Di Jepang, oarfish telah lama menjadi sosok cerita rakyat. Lebih kecil dari oarfish raksasa, oarfish yang lebih ramping (Regalecus russelii) dikenal di negara tersebut sebagai "Utusan dari Istana Dewa Laut."

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Mengolah Ikan, Kamu Juga?

3. Oarfish memakan organisme laut lainnya yang lembut atau berukuran kecil

5 Fakta Unik Oarfish, Ikan Ini Diduga Jadi Tanda Bencana saat Terlihatforbes.com

Ikan ini memakan ikan-ikan berukuran kecil lainnya, hewan crustacea kecil, plankton dan cumi-cumi. Alasan hewan ini hanya memakan hewan laut lain yang berukuran kecil atau bertekstur lembut adalah karena ia tidak memiliki gigi yang jelas terlihat. Salah satu fungsi dari gigi yang jelas terlihat selain mengunyah adalah untuk mengintimidasi predator. Tak heran jika oarfish menjadi mangsa bagi ikan-ikan hiu yang berukuran lebih besar darinya.

4. Oarfish jarang terlihat dalam keadaan hidup oleh manusia

5 Fakta Unik Oarfish, Ikan Ini Diduga Jadi Tanda Bencana saat Terlihatexpress.co.uk

Hal ini merujuk pada fakta bahwa ikan ini hidup di kedalaman laut yang susah dijangkau manusia. Butuh perlengkapan dan peralatan ekstra untuk bisa menuju habitat reguler oarfish, fisik manusia cenderung tidak mampu menahan tekanan di kedalaman laut tersebut.

Berhubung oarfish umumnya ditemukan dalam keadaan mati, tidak banyak informasi data konservasinya. Kadang nelayan membuang dari jaring mereka, karena dianggap sebagai tangkapan yang gak diharapkan. Dilansir dari situs NOAA, banyak orang sudah pernah mencoba memakannya, tetapi mayoritas orang tidak menyukainya karena dagingnya lembek dan lengket.

5. Kemunculan oarfish di hadapan manusia sering dikaitkan dengan pertanda bencana

5 Fakta Unik Oarfish, Ikan Ini Diduga Jadi Tanda Bencana saat Terlihatcbsnews.com

Oarfish hanya terlihat di permukaan ketika sakit, sekarat atau mati. Ketika mereka berada dalam kondisi tersebut, secara otomatis mereka akan naik ke permukaan. Oarfish pertama yang berhasil didokumentasikan adalah pada tahun 1997. Menurut kepercayaan tradisional di Jepang, jika ditemukan banyak ikan tersebut terdampar, itu mungkin menandakan gempa yang akan datang. Ingat, itu kepercayaan tradisional yang tidak terbukti secara ilmiah ya.

Menurut Japan Times, ada kemungkinan beberapa dasar ilmiah untuk menjelaskan pemikiran tersebut. Namun perlu diingat, bahwa penyebab ikan oarfish terdampar ada banyak kemungkinannya akibat karakteristik tubuhnya yang rentan rusak.

"Ikan laut dalam yang hidup semakin dekat dengan dasar laut menjadi lebih sensitif terhadap pergerakan lempeng aktif, daripada ikan yang di dekat permukaan laut." - Kiyoshi Wadatsumi, seorang ilmuwan yang mempelajari gempa bumi di organisasi nirlaba e-PISCO, mengatakan kepada Japan Times.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kemunculan oarfish tidak bisa menjadi pertanda bencana, karena masih adanya banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa dibilang itu cocoklogi orang zaman dulu.

Itulah tadi beberapa fakta unik tentang oarfish yang masih sering dipercaya menjadi tanda bencana ketika terlihat terdampar. Kamu sendiri, apakah percaya dengan teori tersebut? Jika ada teori yang beredar, jangan lupa untuk selalu cek penjelasan ilmiahnya ya!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Ikan Pari Manta, Ikan Penolong yang Ramah

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya