Comscore Tracker

5 Fakta Tentang Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigma

Fotonya akan muncul di pecahan 50 Pound Sterling

Alan Turing adalah ahli matematika, ahli logika, cryptanalyst dan ilmuwan komputer asal Inggris. Alan Turing secara luas dianggap sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan.

Turing bekerja di pusat pemecah kode Inggris yang terletak di Bletchley Park selama Perang Dunia II dan merupakan orang yang bertanggung jawab untuk memecahkan kode Enigma Jerman yang terbukti menjadi faktor penting dalam perang.

Salah satu pionir pertama dalam dunia komputer yang menjadi salah satu pemecah kode paling fenomenal saat perang dunia II ini telah terpilih oleh Bank of England untuk menjadi wajah baru dalam pecahan uang 50 Pound Sterling mereka yang baru.

Keputusan untuk memasukkan Turing dalam nominal tertinggi dalam pecahan uang Inggris akan membuat publik semakin mengenalinya dan mempelajari semua pencapaiannya selama masa hidupnya. Reputasi Turing saat masih hidup masih terbayangi oleh hukum Victorian Inggris yang melawan homoseksual, dan semua hasil kerjanya dirahasiakan selama puluhan tahun.

Seperti yang dikutip dari The New York Times, menurut Mark Carney, gubernur Bank of England, Alan Turing adalah seorang matematikawan luar biasa yang hasil kerjanya memiliki dampak besar terhadap kehidupan kita saat ini. Sebagai bapak komputer modern dan artificial intelligende, kontribusinya benar-benar inovatif.

1. Ayahnya bekerja di India

5 Fakta Tentang Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigmabbc.com

Alan Turing lahir di Maida Vale, London pada 23 Juni 1912. Ayahnya bekerja untuk Indian Civil Service (ICS). Orangtuanya harus sering bepergian antara Inggris dan India dan mereka meninggalkan Turing dan kakak laki-lakinya dalam perjalanan kerja dan Alan Turing dirawat pasangan pensiunan Angkatan Darat.

2. Jenius sejak muda

5 Fakta Tentang Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigmamaxmanroe.com

Turing menunjukkan kemampuan luar biasa dalam matematika dan sains pada usia dini. Pada usia 14 tahun ia dapat memecahkan masalah tingkat lanjut tanpa harus mempelajari kalkulus dasar.

Saat usia 16 tahun, dia mengetahui teori milik Albert Einstein. Turing tidak hanya memahami karyanya tetapi juga mengekstrapolasi pertanyaan Einstein tentang hukum gerak Newton dari sebuah teks yang tidak pernah dibuat secara eksplisit.

Baca Juga: Temuan 7 Ilmuwan Muslim Ini Berhasil Mengubah Dunia, Inspiratif Banget

3. Pencetus konsep komputer modern

5 Fakta Tentang Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigmaspectrum.ieee.org

Pada tahun 1936 Turing menerbitkan sebuah makalah dengan gagasan mesin Universal Turing yang mampu menghitung apa pun yang dapat dihitung. Von Neumann mengakui bahwa konsep sentral dari komputer modern adalah karena makalah ini.

Pada tahun 1950 Turing mengusulkan percobaan untuk mencari tahu apakah mesin itu cerdas. Idenya adalah bahwa komputer dapat dikatakan berpikir jika seorang interogator manusia tidak dapat membedakannya melalui percakapan dari manusia. Tes ini sekarang disebut tes Turing.

4. Pemecah kode Enigma

5 Fakta Tentang Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigmamathworks.com

Pada 4 September 1939, sehari setelah Inggris mendeklarasikan perang terhadap Jerman, Turing bekerja di Bletchley Park, stasiun masa pemerintahan Government Code and Cypher School (GCCS).

Selama Perang Dunia II dia adalah orang yang bertanggung jawab untuk memecahkan kode Enigma yang digunakan oleh Jerman. Diperkirakan perangkat bomnya mempersingkat perang di Eropa dua hingga empat tahun. Film The Imitation Game yang memenangkan The Academy Award 2014 untuk penulisan naskah adaptasi terbaik berdasarkan karya Alan Turing di Bletchley Park.

5. Mati dengan cara bunuh diri

5 Fakta Tentang Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigmatheverge.com

Pada 8 Juni 1954, Alan Turing ditemukan tewas oleh petugas kebersihan. Penyebab kematiannya adalah keracunan sianida. Sebuah apel yang setengah dimakan ditemukan di samping tempat tidurnya.

Meskipun apel tersebut tidak pernah diuji sianida, polisi berspekulasi bahwa itu adalah cara yang digunakan Alan untuk bunuh diri. Turing tidak menunjukkan tanda-tanda kesedihan sebelum kematiannya dan beberapa orang termasuk ibu Turing percaya bahwa ia mengonsumsi sianida karena kecelakaan dan itu bukan kasus bunuh diri.

Nah itulah 5 fakta unik tentang Alan Turing yang dijuluki The Father of Modern Computer Science.

Baca Juga: 10 Ilmuwan Wanita yang Berkontribusi dalam Sejarah Sains Dunia

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya