Comscore Tracker

5 Fakta Menarik dari Kangal, Ras Anjing Dengan Ukuran Tubuh Terbesar

Jenis anjing ini mampu mengalahkan seekor citah 

Anjing dikenal memiliki kemampuan indra penciuman yang tajam dan mempunyai ratusan jenis ras yang tersebar di seluruh wilayah di dunia. Hewan ini dapat diklarifikasikan berdasarkan dari warna bulu, karakter, hingga bentuk tubuh. Salah satu jenis ras anjing yang paling menonjol karena mempunyai ukuran tubuh yang besar yaitu anjing kangal.

Dikenal dengan sifatnya yang agresif serta memiliki otot tubuh yang kuat, inilah lima fakta menarik dari anjing kangal yang harus kamu ketahui dilansir laman All Things Dogs dan K9web sebagai berikut,

1. Berasal dari Turki

5 Fakta Menarik dari Kangal, Ras Anjing Dengan Ukuran Tubuh Terbesarhowtotrainthedog.com

Anjing kangal berasal dari wilayah Anatolia timur, tepatnya di sebuah dataran tinggi di Negara Turki. Hewan ini pertama kali ditemukan pada abad ke-12 dan masih dekat dengan ras anjing american mastiff dan bullmastiff.

Dilansir laman All Things Dogs, dulunya, anjing kangal digunakan oleh masyarakat Turki untuk menjaga dan melindungi hewan ternak dari predator buas seperti serigala.

2. Mempunyai sifat temperamental

5 Fakta Menarik dari Kangal, Ras Anjing Dengan Ukuran Tubuh Terbesardogbreeds.wiki

Memiliki sifat yang agresif dan pemarah membuat anjing ini perlu diberi pelatihan ekstra agar dapat mematuhi perintah dari pemiliknya. Namun, di balik sifatnya yang temperamental, anjing kangal sangat mudah beradaptasi dengan hewan-hewan, seperti domba, sapi, hingga kucing.

Anjing kangal sangat sensitif pada hal-hal baru di sekelilingnya yang membuat anjing ini sering menyerang terhadap orang asing yang berperilaku tidak menyenangkan terhadapnya.

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

3. Ukuran tubuh yang besar

5 Fakta Menarik dari Kangal, Ras Anjing Dengan Ukuran Tubuh Terbesar101dogbreeds.com

Seekor anjing kangal dapat tumbuh antara 75-85 cm dengan bobot badan yang bisa mencapai 65 kg. Dilansir laman K9web, anjing kangal betina cenderung memiliki ukuran badan yang lebih kecil ketimbang jantan. Namun, mereka tetap saja terlihat sangat besar jika dibandingkan dengan seluruh jenis anjing yang ada di dunia.

Walaupun anjing kangal memiliki badan yang besar, hewan ini memiliki tubuh yang atletis dan gesit, bahkan mampu berlari sangat cepat, yakni 50 km per jam.

4. Mampu mengalahkan seekor citah dengan mudah

5 Fakta Menarik dari Kangal, Ras Anjing Dengan Ukuran Tubuh Terbesark9web.com

Di Benua Afrika, banyak para peternak yang menggunakan anjing kangal untuk berburu citah yang memangsa ternak mereka. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa betapa mengerikannya kekuatan dari anjing kangal yang dapat membunuh seekor citah dengan sangat mudah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir untuk memelihara jenis anjing ini karena di balik sifatnya yang garang, anjing kangal merupakan hewan yang setia dan mampu melindungi pemiliknya dari bahaya.

5. Umur yang relatif singkat

5 Fakta Menarik dari Kangal, Ras Anjing Dengan Ukuran Tubuh Terbesaranimalsbay.com

Rata-rata, anjing kangal mampu bertahan hidup antara 12-15 tahun. Hewan ini sangat rentan terkena penyakit, seperti lipoma, hip dysplasia, hingga penyakit mata.

Agar tubuh dari anjing kangal selalu fit, pemilik harus sering memberikan pelatihan sekaligus untuk meningkatkan kemampuan mereka. Di pasaran, anjing kangal dijual seharga USD2.000-4.000 atau setara dengan Rp28-55 juta.

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar anjing kangal yang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan insting berburu yang andal. Apakah kamu berminat untuk memeliharanya?

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

IDTM Photo Community Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You