Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Salvador Dali, Seniman Pelopor Aliran Surealisme

Karya-karyanya sungguh mengagumkan

Bagi kamu yang menguasai atau sedang menekuni bidang seni rupa pasti sangat familier dengan tokoh seniman terkenal: Salvador Dali. Pria berkebangsaan Spanyol ini memang dikenal dengan penampilan yang nyentrik dan memiliki metode melukis yang unik. Ia sering menggabungkan antara benda hidup dengan benda mati dalam setiap karyanya.

Ia dinobatkan sebagai pelopor dari aliran seni surealisme yang berkembang pada awal abad ke-20. Dilansir laman Dali Paintings dan Discover Walks, berikut lima fakta menarik yang mesti kamu ketahui dari seniman Salvador Dali.

1. Sangat terobsesi dengan Adolf Hitler

5 Fakta Menarik Salvador Dali, Seniman Pelopor Aliran Surealismeopenculture.com

Beberapa lukisan Salvador Dali memang banyak mengambil tema fasisme yang merujuk pada kepemimpinan Adolf Hitler di masa itu. Bahkan, ada sebuah lukisan pemandangan danau karya Salvador Dali yang jika diputar miring akan terlihat seperti sosok Adolf Hitler.

Saat ditanya alasan mengapa Salvador Dali sangat mengagumi Adolf Hitler karena ia sering bertemu Hitler di dalam mimpinya.

2. Salvador Dali percaya bahwa dirinya merupakan reinkarnasi dari kakaknya

5 Fakta Menarik Salvador Dali, Seniman Pelopor Aliran Surealismealejandradeargos.com

Keanehan dari kehidupan sang maestro aliran surealisme ini sudah terlihat saat ia masih kecil. Dilansir laman Dali Paintings, sebelum Salvador Dali lahir, ibunya melahirkan seorang anak laki-laki yang juga diberi nama Salvador Dali. Namun, bayi tersebut hanya bertahan hidup selama 22 bulan karena sakit infeksi perut.

Saat Salvador Dali berusia 5 tahun, sang ibu mengajaknya untuk mengunjungi makam saudaranya. Di dekat makam tersebut, tiba-tiba ibunya berkata bahwa Salvador Dali merupakan reinkarnasi dari saudaranya yang telah meninggal karena memiliki nama dan wajah yang serupa.

Ucapan tersebut yang memengaruhi psikis Salvador Dali hingga dewasa. Ia sangat percaya bahwa ia adalah reinkarnasi dari saudara laki-lakinya.

Baca Juga: Modal Hasrat dan Niat, Ini Asyiknya Jadi Seniman Profesional

3. Memiliki kisah asmara yang menarik

5 Fakta Menarik Salvador Dali, Seniman Pelopor Aliran Surealismeaxios.com

Pertama kalinya Salvador Dali bertemu dengan perempuan pujaan hatinya pada 1929. Sayangnya, perempuan yang bernama Elena Ivanovna Diakonova atau lebih akrab dipanggil dengan sebutan Gala ini telah memiliki suami yang juga merupakan pelukis aliran surealisme.

Namun, hal tersebut tidak mengurungkan niat Salvador Dali untuk mendekati Gala. Diam-diam merajut jalinan asmara dengan Gala, akhirnya perempuan tersebut diceraikan oleh suaminya. Pada 1934, Salvador Dali menikah dengan Gala dan bertahan hingga kematian sang istri pada 1968.

4. Pernah bekerja dengan Walt Disney

5 Fakta Menarik Salvador Dali, Seniman Pelopor Aliran Surealismeinvaluable.com

Bakat seni luar biasa yang dimiliki oleh Salvador Dali, Walt Disney memintanya untuk menangani proses pembuatan film Spellbound selama 6 bulan. Setelah itu, pada 1946, Salvador Dali juga dipercaya oleh Walt Disney untuk bergabung dalam proyek film animasi pendek yang berjudul Destino.

Walt Disney sungguh memuji kepribadian Salvador Dali yang merupakan seorang yang pekerja keras dan memiliki ide-ide hebat.

5. Salvador Dali juga tertarik dengan bidang fashion dan desain interior

5 Fakta Menarik Salvador Dali, Seniman Pelopor Aliran Surealismebaterbys.com

Tak hanya mahir dalam menciptakan lukisan dan film, rupanya bakat dari Salvador Dali juga merambah ke dunia fashion dan desain interior. Dengan tingkat imajinasi yang tinggi, Salvador Dali berhasil menciptakan karya-karya yang terbilang unik dalam dua bidang tersebut. Salah satu karya Salvador Dali yang paling terkenal yaitu Lobster Telephone dan The Mae West Lips Sofa.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari Salvador Dali yang merupakan pelopor dari aliran seni surealisme. Ia memiliki banyak karya-karya peninggalannya dalam berbagai bidang seni, lho. Sudahkah kamu melihatnya?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Takashi Murakami, Seniman Cerdas dengan Gaya Unik

IDTM Photo Community Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You