Comscore Tracker

5 Hewan Predator Asal Australia dengan Serangan Paling Mematikan

Sering menyerang secara mendadak!

Sejauh ini, para peneliti telah berhasil mengidentifikasi bahwa wilayah Australia menyimpan sekitar 83 persen spesies mamalia serta 90 persen spesies ikan dan serangga dari total keseluruhan spesies yang ada di dunia. Dari jumlah tersebut dapat dilihat bahwa Australia merupakan negara yang memiliki kekayaan fauna yang luar biasa. Namun, di antara banyaknya spesies hewan yang berhabitat di wilayah Australia, ada beberapa hewan yang sangat ditakuti karena dapat mengancam nyawa manusia.

Hidup di dalam air dan di atas daratan serta dapat membuat serangan secara tiba-tiba. Inilah lima hewan paling berbahaya dan mematikan yang terdapat di wilayah Australia dilansir dari laman Pvtistes dan Owlcation, sebagai berikut:

1. Saltwater Crocodiles

5 Hewan Predator Asal Australia dengan Serangan Paling Mematikanphys.org

Tidak seperti jenis buaya pada umumnya yang sering berhabitat di dalam sungai dan daerah rawa, saltwater crocodile justru dapat di temukan di pinggir laut. Dilansir dari laman Pvtistes, buaya ini mempunyai karakter yang sangat agresif serta sering menyerang dan memakan hewan apa saja termasuk manusia. Saltwater Crocodile rata-rata memiliki panjang tubuh sepanjang enam meter dengan berat yang mencapai 1075 kilogram.

Di sepanjang pinggiran pantai kota Darwin, Australia, banyak sekali tanda peringatan yang memberitahukan turis agar selalu waspada dengan serangan mendadak dari hewan predator ini.

2. Sydney Funnel Web Spider

5 Hewan Predator Asal Australia dengan Serangan Paling Mematikanreptilepark.com.au

Sydney funnel web spider memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil yakni antara 1 hingga 5 sentimeter yang membuat keberadaannya sangat sulit diketahui. Walaupun mempunyai tubuh yang kecil, racun yang dikeluarkan dari gigitan laba-laba ini sangatlah menyakitkan bahkan bisa menyebabkan kematian. Sydney funnel web spider banyak ditemukan di daerah New South Wales, Australia, yang sering bersarang di bawah batu, batang kayu bahkan di dalam lubang sepatu.

Yang uniknya dari Sydney funnel web spider adalah mereka dapat bertahan hidup di dalam air selama berjam-jam dengan cara menyimpan oksigen pada gelembung kulit mereka.

3. Great White Shark

5 Hewan Predator Asal Australia dengan Serangan Paling Mematikanthe-scientist.com

Great White Shark atau lebih dikenal dengan sebutan hiu putih besar merupakan salah satu spesies hiu terbesar di dunia dengan bobot yang mencapai 1,1 ton. Dilansir dari laman Owlcation, hewan ini banyak terdapat di pantai bagian utara Australia dan seringkali menyerang manusia terutama para peselancar. Terkenal dengan gigitannya yang ganas, great white shark mempunyai gigi yang sangat tajam yang mampu merobek tubuh mangsanya dalam sekejap.

Baca Juga: 5 Hewan Predator yang Jadi Mangsa Predator Lain, Ada yang Saling Makan

4. Common Brown Snake

5 Hewan Predator Asal Australia dengan Serangan Paling Mematikanaustralianmuseum.net.au

Common Brown Snake merupakan spesies ular dengan racun paling mematikan kedua di dunia dan banyak terdapat di wilayah bagian timur Australia. Common Brown Snake sangat aktif pada siang hari serta dikenal dengan pergerakannya yang sangat cepat dan agresif. Racun yang dikeluarkan oleh ular ini mampu membuat manusia mengalami kejang-kejang, pusing, gagal ginjal, kelumpuhan hingga berujung kematian jika tidak ditangani dengan cepat.

5. Blue Ringed Octopus

5 Hewan Predator Asal Australia dengan Serangan Paling Mematikandivescotty.com

Dari segi penampilan, blue ringed octopus memiliki bentuk yang sangat lucu dan menarik yang membuat sebagian orang ingin menyetuhnya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa hewan ini masuk dalam salah satu spesies gurita paling beracun di dunia yang dapat memberikan efek berbahaya seperti gangguan pernafasan hingga kehilangan penglihatan. blue ringed octopus memiliki panjang 20 sentimeter dan sering bersembunyi di antara bebatuan serta karang di sepanjang pantai Australia.

Nah, itulah beberapa jenis hewan paling berbahaya yang terdapat di wilayah Australia. Dengan efek yang ditimbulkan oleh serangan hewan tersebut, sebaiknya manusia agar lebih berhati-hati saat memasuki daerah habitat mereka.

Baca Juga: 6 Fakta Hiu Putih Besar, Predator Ganas dengan Ratusan Gigi

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya