Comscore Tracker

Gak Cuma Kunang-kunang, 5 Hewan Ini Bisa Menyala dalam Gelap

Salah satunya adalah cacing!

Beberapa spesies hewan dapat mengeluarkan cahaya dari dalam tubuhnya. Enzim dan bahan-bahan kimia lainnya yang diproduksi didalam tubuh mereka, memungkinkan hewan-hewan tersebut untuk dapat menyala dalam gelap.

Tujuannya macam-macam, ada yang untuk menarik lawan jenis, menarik perhatian mangsa, dan beberapa untuk bereproduksi. Tidak hanya kunang-kunang, inilah lima hewan yang juga bisa menyala dalam gelap.

1. Ikan Sungut Ganda

Gak Cuma Kunang-kunang, 5 Hewan Ini Bisa Menyala dalam Gelapspotmydive.com

Ikan Sungut Ganda atau Anglerfish adalah spesies ikan yang pada umumnya hidup di lautan dalam. Ikan ini termasuk ikan karnivora dan mencari mangsanya di kedalaman laut tertentu.

Menariknya, untuk memancing mangsanya, ikan ini memiliki trik khusus. Antena khusus yang terdapat diatas mulutnya dapat menyala dan digerak-gerakkan untuk menarik perhatian mangsanya. Dan bukan hanya ikan, burung dipermukaan laut juga kerap kali disambar sebagai mangsa.

2. Kalajengking

Gak Cuma Kunang-kunang, 5 Hewan Ini Bisa Menyala dalam Gelapterminix.com

Pada saat disinari dengan ultraviolet, kebanyakan kalajengking akan mengeluarkan cahaya yang cukup terang untuk bisa dilihat dengan mata telanjang. Menurut laman NBC, kalajengking ternyata spesies yang sansitif dengan jumlah cahaya yang menyinari tubuhnya.

Tingkat warna yang dihasilkan oleh kalajengking membantu kalajengking untuk memutuskan apakah ia harus keluar mencari mangsa ataukah harus menunggu ditempat persembunyian.

3. Kucing dengan modifikasi genetika

Gak Cuma Kunang-kunang, 5 Hewan Ini Bisa Menyala dalam Gelaplivescience.com

Para ilmuwan sedang gencar mencari obat untuk HIV AIDS, dan salah satu penelitian mereka adalah tentang genetika hewan yang dijadikan subjek penelitian, di antaranya kucing. Hal ini dilakukan tentu demi alasan etika kemanusiaan, sebab tidak mungkin melakukan penelitian virus HIV AIDS yang dimasukkan dengan sengaja dalam tubuh manusia sehat.

Nah, kucing dan beberapa spesies simpanse diambil sebagai sampel spesies. Sebab kucing memiliki penyakit yang hampir sama dengan HIV yakni FIV (Feline Immunodeficiency Virus). Dikutip dari Livescience, genetika kucing dimodifikasi dengan protein milik ubur-ubur yang dapat menyala dalam gelap, dan hasilnya adalah kucing yang dapat menyala dalam gelap.

Ada secercah harapan bagi penelitian ini. FIV sulit berkembang biak pada tubuh kucing yang telah dimodifikasi secara genetik. Diharapkan penelitian ini dapat membuka jalan untuk menemukan obat HIV AIDS pada manusia.

Baca Juga: Kenali 8 Fakta Hewan Krepuskular, Aktif di Waktu Fajar dan Senja Saja

4. Beberapa spesies ubur-ubur

Gak Cuma Kunang-kunang, 5 Hewan Ini Bisa Menyala dalam GelapPixabay/Joseph82

Beberapa spesies ubur-ubur juga dapat mengeluarkan cahaya dikegelapan. Menurut jurnal ilmiah yang ditulis di Science Mag, beberapa spesies ubur-ubur memang memiliki protein dimana enzim protein ini dapat mengeluarkan cahaya yang beragam dari dalam tubuh mereka.

Dan ternyata protein ini juga sangat berguna dalam dunia sains. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk tujuan-tujuan ilmiah, seperti medis atau mencari obat penyembuh untuk beberapa penyakit tertentu.

5. Cacing dalam gua di Selandia Baru

Gak Cuma Kunang-kunang, 5 Hewan Ini Bisa Menyala dalam Gelaprove.me

Ternyata ada juga cacing atau larva yang dapat mengeluarkan cahaya. Spesies ini hanya ada di gua Waitomo Selandia Baru, dan tidak pernah ditemukan di habitat lainnya di manapun.

Seperti ditulis di Great Sights, spesies larva atau cacing kecil ini bernama Arachnocampa Luminosa, dan hanya ada di gua Waitomo. Protein dalam tubuh cacing-cacing ini akan bereaksi terhadap oksigen, dan reaksi kimiawi itulah yang menyebabkan mereka bercahaya dalam gelap.

Itulah lima hewan selain kunang-kunang yang juga dapat menyala dalam gelap. Sangat indah, bukan?

Baca Juga: Mengungkap 7 Stereotip pada Hewan, yang Ternyata Salah!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya